. . .

Rabu lalu, Bitcoin mencapai harga tertinggi barunya di harga USD64.800+. Bersamaan dengan itu, sebagian bitcoin yang dicuri dari Bitfinex pun bergerak.

Ribuan bitcoin dari Bitfinex yang diambil secara tidak sah pada 2 Agustus 2016 itu ditransfer ke banyak yang berbeda. Jumlah total bitcoin yang bergerak ini tidak jelas, namun BTCParser mampu mendeteksi setidaknya 12.208 BTC telah berpindah alamat. BTC sebanyak ini bernilai total USD754juta.

Bitfinex mengalami kecurian bitcoin sebanyak lebih dari 119.000 BTC pada 2 Agustus 2016, yang kini bernilai total USD7,5miliar. Pasca hack Bitfinex, harga bitcoin sempat turun 22%. Namun saat itu Bitfinex masih mampu mengembalikan dana konsumen dengan menggunakan token tertentu.

Ternyata, bukan kali ini saja bitcoin curian dari Bitfinex ini bergerak. Tahun lalu saat harga bitcoin sedang tinggi, bitcoin-bitcoin tersebut juga mengalami pergerakan. Namun baru kali ini pergerakan tersebut terdeteksi secara masif, yakni tidak kurang dari 30 transaksi.

Sebuah kanal Telegram berusaha menganalisis pola pergerakan hacker ini. Menurut mereka, hacker berusaha mempengaruhi harga, atau tepatnya menurunkan harga, dengan memindahkan bitcoin mereka.

Kali ini, pergerakan bitcoin ini bersamaan dengan listing Coinbase (COIN) di bursa Nasdaq. COIN sendiri saat ini diperdagangkan di harga USD332 per lembar saham.

One thought on “Bitcoin Curian dari Bitfinex Bergerak!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.