home Bitcoin The Prisoner’s Dilemma: Mahalnya Ongkos Transaksi Bitcoin

The Prisoner’s Dilemma: Mahalnya Ongkos Transaksi Bitcoin

The Prisoner’s Dilemma adalah sebuah model yang terkenal di bidang game theory. Alkisah terdapat 2 orang tersangka, sebut saja A dan B, atas sebuah tindak pidana. Kedua tersangka tersebut diperiksa secara terpisah tanpa komunikasi satu sama lain. Dalam hal ini, penyidik tidak mendapatkan bukti lain yang signifikan dan hukuman akan sangat bergantung dari pengakuan para tersangka. Terdapat 2 pilihan bagi para tersangka tersebut, yakni bekerja sama dengan saling diam atau saling berkhianat dengan bersaksi saling melawan. Ada 3 kemungkinan yang dapat terjadi.

  • Jika A dan B saling berkhianat, maka masing-masing mendapatkan hukuman 2 tahun penjara.
  • Jika A berkhianat dan B diam, maka A dibebaskan dan B mendapatkan hukuman 3 tahun penjara, atau sebaliknya.
  • Jika A dan B diam, maka masing-masing mendapatkan hukuman 1 tahun penjara (atau bahkan kurang).

Tentu saja setiap tersangka berharap mendapatkan hukuman ringan bagi dirinya sendiri. Keputusan untuk berkhianat memang akan membawa kebebasan, namun jika tersangka lainnya memutuskan untuk diam (tanpa keuntungan bagi dirinya). Kedua tersangka baru akan mendapat hukuman minimal jika keduanya memutuskan untuk diam, namun masih tetap dihukum.

Problema yang sama juga menimpa para pengguna Bitcoin, terlebih saat harga Bitcoin melesat tinggi dan ongkos transaksi tidak semakin murah. Pada kenyataannya kini tidak dapat dikatakan bahwa ongkos transaksi Bitcoin murah sebagai salah satu keuntungan penggunaan Bitcoin. Yang saya alami beberapa hari yang lalu, untuk mentransaksikan dana sebesar $5, saya harus membayar biaya sebesar $2 per transaksi. Bitcoinfees menunjukkan bahwa rerata biaya transaksi saat ini adalah 200 satoshi per byte atau 45.200 satoshi per transaksi standar yang berukuran sekitar 226 byte. Ukuran transaksi akan membengkak jika Anda memiliki input dan output berjumlah besar seperti yang terjadi pada transaksi saya di atas, di mana biaya transaksi memakan 40% nilai ransaksi. Dengan demikian, transaksi mikro saat ini tidak menguntungkan di dalam lingkungan Bitcoin. Transaksi bernilai tinggi masih tidak terlalu berpengaruh, akan tetapi bisa jadi dampaknya lebih buruk jika stagnasi skalabilitas Bitcoin tidak segera dipecahkan.

Baca Juga:  iPayYou Jembatani Bitcoin dan Amazon

Biaya transaksi yang tinggi dalam Bitcoin sebenarnya lebih ditentukan oleh para pengguna Bitcoin yang berlomba-lomba untuk secepat mungkin mendapatkan konfirmasi transaksi. Dengan demikian, menurut The Prisoner’s Dilemma, pengguna yang membayar paling tinggi akan mendapatkan keuntungan konfirmasi transaksi tercepat, sementara itu mengalahkan pengguna yang membayar biaya transaksi lebih rendah, di mana kasus terburuknya transaksi milik pengguna tersebut tidak pernah dikonfirmasi!

The Prisoner’s Dilemma dalam ekosistem Bitcoin terjadi karena tidak terdapat kesepakatan atau sinkronisasi kebijakan antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Jika saja setiap pengguna Bitcoin sepakat untuk membayarkan biaya transaksi sewajarnya (10.000 satoshi per transaksi atau 10 satoshi per byte transaksi), maka peluang setiap pengguna untuk dikonfirmasi transaksinya akan merata. Dalam hal ini, mungkin faktor lain seperti ukuran transaksi, jumlah transaksi, ataupun usia koin akan lebih memberi pengaruh.

Baca Juga:  Bitcoin Classic Akhirnya Dirilis!

Biaya transaksi yang tinggi sama sekali tidak menguntungkan seluruh pengguna Bitcoin. Hanya satu pihak yang mendapatkan keuntungan, yakni para penambang Bitcoin, di mana mereka memperoleh seluruh ongkos transaksi yang dibayarkan tersebut tanpa harus mengeluarkan usaha lebih dalam mendapatkannya. Barangkali ini jugalah yang memberi insentif para penambang untuk tidak segera menyelesaikan problem skalabilitas Bitcoin, yakni untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya atas usaha yang ajeg. Kenyataannya, pengguna Bitcoin tidak mendapat keuntungan lebih setelah membayar ongkos yang lebih tinggi.

Apakah mungkin kita buat kampanye supaya seluruh pengguna Bitcoin sepakat untuk tidak menaikkan ongkos transaksi, seperti misalnya postingan Reddit ini?

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

8 thoughts on “The Prisoner’s Dilemma: Mahalnya Ongkos Transaksi Bitcoin

  1. Saya kok bingung analoginya Prissoner Dillema dengan mahalnya ongkos transaksi Bitcoin ya? Jadi masing2 pengguna bebas menarik biaya transaksi gitu ya? Tidak ada badan atau kesepakatan bersama yang mengatur? Maaf awam tentang Bitcoin nih…

  2. *)Poin penting dari Prisoner’s Dilemma adalah ketiadaan komunikasi di antara tersangka.
    Demikian juga di dalam komunitas Bitcoin, tidak ada kesepakatan berapa biaya transaksi maksimum yang dibayarkan oleh pengguna untuk mendapatkan “servis maksimal”, dalam hal ini konfirmasi transaksi secepat mungkin, dari seluruh pengguna Bitcoin di seluruh dunia.

    *)Poin kedua dari Prisoner’s Dilemma adalah keinginan setiap tersangka untuk mendapat hukuman sekecil mungkin.
    Penambang Bitcoin mengurutkan transaksi yang “unconfirmed” berdasarkan biaya transaksi. Makin banyak biaya yang dibayar, maka peluang ia berada di urutan depan juga makin besar, dengan asumsi pengguna lain membayar lebih sedikit. Tapi semua pengguna Bitcoin cenderung ingin cepat dikonfirmasi transaksinya, oleh karena itulah saat ini terjadi “perlombaan” untuk membayar biaya setinggi-tingginya supaya transaksi makin cepat dikonfirmasi.

    Kembali ke pertanyaan mas Satriyo, saya perlu luruskan bahwa masing-masing pengguna (bukan penambang) Bitcoin bebas membayar biaya transaksi. Analoginya saat kita makan di restoran (misalnya di Amerika Serikat yang punya aturan persentase minimum tip), kita bebas memberi tip pada pelayan sejumlah berapapun yang kita suka asal di atas batas minimum.

    1. Hmmm… Pertanyaan berikutnya menjadi seberapa lama rentang waktu maksimal pemrosesan transaksi sampai2 pada berlomba minta dilayani lebih cepat? Apakah memang signifikan terhadap biaya yg perlu dikeluarkan? Bagaimana dgn transaksi kecil? Apakah bisa memilih biaya termurah dengan risiko dilayani terakhir namun tetap pada rentang waktu yang acceptable?

      1. Pertanyaan ini sangat bagus :jempol:

        Satoshi menentukan bahwa blok baru diciptakan tiap 10 menit (kurang-lebih). Alasannya untuk memberi waktu bagi semua node Bitcoin di seluruh dunia untuk mengupdate informasi baru, sehingga memperkecil kemungkinan “double spending” (topik double spending tidak saya bahas di kolom komentar ini).

        Dengan demikian, maka transaksi baru rata-rata akan dikonfirmasi paling cepat 10 menit (bisa kurang, tergantung faktor “luck” penambang, mendapat blok baru kurang dari 10 menit). Masalahnya, sebuah blok sangat terbatas ukurannya, oleh Satoshi ditentukan sebesar maksimum 1 MB. Dengan demikian, jumlah transaksi yang dikonfirmasi dalam sebuah blok juga terbatas.

        Bagaimana para penambang memilih transaksi mana yang akan dimasukkan dalam blok berikutnya? Mereka mengurutkan transaksi berdasarkan jumlah fee yang dibayarkan dalam transaksi tersebut (urutkan besar ke kecil), sehingga transaksi yang membayar fee berjumlah lebih besar memiliki peluang lebih besar dibandingkan transaksi-transaksi lain yang membayar fee lebih rendah. Akibatnya transaksi dengan fee sangat rendah bisa jadi butuh waktu sangat lama untuk dikonfirmasi. Bayangkan jika transaksi ini merupakan transaksi pembayaran makanan di restoran. Tentunya pelanggan tidak nyaman menunggu lama cuma untuk memastikan transaksi sudah dikonfirmasi.

        Mahalnya biaya transaksi kini cukup berdampak, antara lain transaksi mikro terganggu, selain itu proyek-proyek startup terkait cryptocurrency kini mulai beralih ke Ethereum yang punya ongkos transaksi lebih murah.

  3. Pagi pak, saya ada masalah 0 confirmed bitcoin transaction.

    Kronologinya
    Kemarin tgl 15/8/2017 jam 9 pagi mau kirim bitcoin ke changer namun sampai sekarang masih 0 confirmed

    1.) Wallet yg saya gunakan mycelium versi
    2.8.12 ( versi lama sebelum hardfork saya
    lupa update waktu transaksi apa ini jd
    penyebabnya?)

    2.) ini no hash saya

    29149265a02f231b18c0fd58e65542943e2f40d8195acbee8a6391a314abcf6d

    Apa yang harus saya lakukan?

    Saya baca-2x apa betul transaksi yang unconfirmed tersebut bisa kembali sendiri?

    Jika bisa kembali sendiri, berapa lama kira-2x biasanya waktu yang diperlukan

    Atas perhatian & bantuannya, sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih

Leave a Reply

%d bloggers like this: