home Berita, Bitcoin Bitcoin Classic Akhirnya Dirilis!

Bitcoin Classic Akhirnya Dirilis!

Bitcoin Classic akhirnya merilis versi beta 2 yang dapat diunduh melalui Github. Versi ini merupakan usaha untuk meningkatkan ukuran blok dari 1 MB menjadi 2 MB melalui “hard fork“. Pengembangnya mengklaim bahwa versi Bitcoin Classic merupakan permintaan dari para penggunanya untuk meningkatkan kapasitas jaringan Bitcoin. Rilis kali ini direncanakan sebagai percobaan dan tidak disarankan untuk kegiatan penambangan.

Ukuran blok

Perdebatan tentang ukuran blok telah terjadi sejak lama, dan butuh waktu sampai komunitas Bitcoin menentukan pilihannya. Berbagai ide, konsep, dan proposal telah diajukan dalam diskusi untuk membuat perubahan pada Bitcoin. Komunitas Bitcoin mulai menyadari bahwa model konsensus seperti itu merupakan hal yang sulit dilakukan, sebagaimana yang disampaikan oleh Gavin Andresen dalam sebuah acara di MIT tahun lalu. Gavin sendiri menyatakan bahwa peningkatan ukuran blok menjadi 2 MB merupakan satu dari beberapa opsi, meski ada pihak-pihak yang menentang ide peningkatan kapasitas blok tersebut.

Baca Juga:  Ketiadaan Standar Persulit Kemajuan Bitcoin Dalam Industri Keuangan

Dukungan untuk Bitcoin Classic

Pengembang Bitcoin Classic di antaranya Jonathan Toomim, Gavin Andrese, Ahmed Bodiwala, Jeff Garzik, dan Peter Rizun, mendapat dukungan dari industri Bitcoin seperti Coinbase, BitStamp, Xapo, dan Lamassu. Menurut situs Coin Dance, jumlah node yang menggunakan Bitcoin Classic semakin meningkat.

Bitcoin Classic mengimplementasikan perubahan dari 1 MB menjadi 2 MB yang dilakukan sekali saja dan beberapa perubahan juga dilakukan terutama terkait verifikasi tanda tangan elektronik dan fungsi hash, sebagaimana dijelaskan pada dokumen BIP.

 

Sumber: Bitcoin Classic Nodes Surge Following Beta 2 Release

Sumber gambar: bitco.in

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

2 thoughts on “Bitcoin Classic Akhirnya Dirilis!

Leave a Reply

%d bloggers like this: