. . .

Bank Sentral Belanda Jajaki Kemungkinan Terbitkan Mata Uang Virtual

Pada laporan tahunan 2015 yang baru saja dipublikasikan, Bank Sentral Belanda (De Nederlandsche Bank atau DNB) menulis sebuah bab khusus tentang blockchain dan inovasi fintech di dalam laporan tersebut. Bab yang berjudul “Teknologi Blockchain Terlihat Menjanjikan” tersebut menjelaskan bahwa inovasi ini dapat menjadi kunci untuk menurunkan biaya transaksi dalam sistem finansial. Laporan ini menekankan kemampuan sistem pembayaran berbasis blockchain untuk mempercepat waktu settlement transaksi dan juga meningkatkan transparansi.

Perubahan model bisnis

Sementara DNB telah menyadari keunggulan blockchain, laporan tersebut juga menyebutkan adanya publikasi terbaru dari Komite Basel untuk Pembayaran dan Infrastruktur Pasar yang menyatakan bahwa teknilogi ini dapat memberi dampak pada berbagai aspek dari pasar keuangan dan ekonomi global. Komite Basel juga menyimpulkan bahwa adopsi sistem keuangan berbasis teknologi blockchain akan menimbulkan perubahan signifikan terhadap model bisnis dan sistem yang ada sekarang ini.

DNBcoin

Laporan DNB juga mengajurkan studi lebih lanjut terkait isu regulasi dan pengaturan sistem pembayaran berbasis blockchain, dan juga menyebut bahwa DNB pernah menyebutkan risiko-risiko penggunaan mata uang virtual seperti bitcoin. Di penghujung laporan, sebuah subbab menulis tentang purwarupa sebuah mata uang virtual yang disebut DNBcoin, yang mungkin saja menjadi pertanda bahwa DNB sedang bereksperimen untuk menerbitkan mata uang virtual mereka sendiri.

 

Sumber: Dutch Central Bank Examines Blockchains and May Launch Own Digital Currency

Sumber gambar: secularinvestor.com

One thought on “Bank Sentral Belanda Jajaki Kemungkinan Terbitkan Mata Uang Virtual”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.