. . .

Komunitas aset kripto dikejutkan dengan kemunculan token Truebit (TRU). Perdebatan masih terjadi antara mereka yang percaya bahwa token ini asli dari proyek, ataukah scam belaka.

Seorang pengguna Reddit membeberkan kecurigaannya terhadap token Truebit. Menurutnya, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama, token Truebit tersebut memang benar-benar asli dari Truebit.io. Kedua, token ini hanyalah scam. Mengapa?

Setelah ditelisik, token Truebit di platform Ethereum yang dibuat 25 hari yang lalu tersebut tak ada istimewa-istimewanya. Bahkan, seluruh kode disalin dari library standar OpenZeppelin tanpa perubahan (identik). Kode-kode ini amat lazim digunakan pada tokenisasi di Ethereum. Etherscan juga mengkonfirmasi kesamaan kode Truebit dengan kontrak lainnya, misalnya yang digunakan oleh Stakerdao.

Token TRU sendiri telah tersedia di UniswapV2 (TRU/ETH), yang saat ini berharga USD0,5 per token.

Baca Juga:  Khianati Blockchain, Ethereum Rencanakan Hardfork untuk Kembalikan Dana yang Dihack

Akun Twitter Truebit sendiri @Truebitprotocol pada 27 April mencuit peluncuran sistem Truebit.

Pertanyaan si pengguna Reddit tadi, apakah token Truebit tadi asli diluncurkan dengan stealth mode, ataukah ada orang lain yang mengambil alih proyek?

Truebit sendiri merupakan platform yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Ethereum. Caranya adalah dengan mengalihkan komputasi dari yang tadinya on-chain menjadi off-chain. Detail spesifikasi Truebit sendiri telah dipublikasikan beberapa tahun yang lalu dalam bentuk whitepaper yang ditulis oleh Jason Teutsch danChristian Reitwießner. Whitepaper ini telah mendapatkan setidaknya 100 kutipan (citation) di kalangan akademik.

Baca Juga:  Naik Seribu Persen, Elongate Beri Sumbangan

Tak hanya itu, Truebit juga disebut-sebut oleh Vitalik Buterin di salah satu postingannya di ethresear.ch, sehingga meningkatkan legitimasi proyek ini.

Di sisi teknis, @bantg yang dikenal sebagai pengembang sistem Yearn Finance juga mempertanyakan Truebit lewat akun Twitternya. Ia mencurigai potensi rug pull terhadap proyek ini.

Pasar sempat panik karena kehabisan likuiditas, setelah penjualan token $TRU senilai USD465ribu. Setelah itu, harga $TRU rontok dari USD1,40 menjadi USD0,20 hanya dalam waktu dua jam saja.

Baca Juga:  Harga Tinggi, Ethereum Diburu Investor Institusi

Padahal, mekanisme $TRU tidak memperbolehkan turunnya harga (up only). Token baru harus berharga lebih tinggi ketimbang token lama. Ternyata pada praktiknya, ini tidak terjadi.

Publik masih menanti-nanti penjelasan pihak Truebit terhadap kekacauan yang saat ini terjadi. Apakah ini hanya miskomunikasi, ataukah ada niat jahat di balik semuanya, hanya waktu yang dapat menjawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.