. . .

Dogecoin (DOGE) memang fenomenal. Dalam seminggu terakhir, harganya naik dua kali lipat. Bahkan, dalam 24 jam terakhir, nilainya meningkat hampir 20 persen.

DOGE adalah koin meme. Ia diciptakan saat hampir semua orang membuat altcoin untuk menandingi Bitcoin yang saat itu booming. Logonya diambil dari gambar meme anjing shiba inu.

Namun, berkat Elon Musk, DOGE jadi ikut terkenal. Tiap cuitannya melambungkan harga DOGE berkali-kali lipat. Tak hanya mencuit sekali , dalam tahun ini ia beberapa kali mentwit DOGE. Terakhir, ia menyebut DOGE menggonggong di bulan (Doge barking at the moon)!

Mike Novogratz dalam wawancaranya dengan CNBC menyampaikan keheranannya pada mereka yang berinvestasi pada DOGE. Dengan jelas ia menyampaikan bahwa DOGE tak lebih dari sekedar lelucon biasa.

Lebih lanjut, CEO Galaxy Investment Partners ini mengatakan bahwa sistem DOGE tak bernilai apapun. DOGE juga tak bisa digunakan untuk apapun. Pengembangan sistemnya pun sudah lama berhenti. Dengan kata lain, DOGE tak akan berkembang lagi, dari sisi teknologi.

Dengan lemahnya fundamental DOGE, ia mengkhawatirkan keberlanjutan kenaikan harga Dogecoin. Ia sendiri tak memasang posisi pada Dogecoin, betapapun menariknya kenaikan harga Dogecoin belakangan ini. Serupa dengan Novogratz, investor lain seperti Kevin Kang dari BKCoin Capital yang mengelola dana sebanyak USD60juta, menyebut bahwa ia tak mau berurusan dengan Dogecoin. Hal ini senada dengan Bitwose Asset Management yang tak mencantumkan Dogecoin dalam indeks mereka, sekalipun Dogecoin ada di posisi keempat.

DOGE saat ini secara mengejutkan menempati posisi keempat pada daftar koin paling berharga di dunia, tepat di bawah BNB di posisi ketiga. DOGE bahkan mengungguli proyek-proyek yang lebih mapan seperti XRP dan Tether, juga jauh di atas Cardano (ADA) dan Polkadot (DOT).

Selain karena Elon Musk, Dogecoin juga menikmati aksi spekulasi yang serupa dengan aksi penghuni Reddit terhadap saham GameStop. Saat itu, saham GameStop yang diyakini akan melorot, justru meningkat tajam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.