. . .

Stellar Development Foundation (SDF) baru saja mengeluarkan rilis pers terkait beberapa node mereka yang down. Saat ini, investigasi sedang berjalan namun layanan belum juga pulih sejak down sembilan jam lalu.

Menurut rilis tersebut, beberapa node yang dikelola SDF berhenti memvalidasi jaringan Stellar. Hal ini berdampak juga pada Horizon API yang terbuka untuk publik.

Lebih lanjut lagi, SDF menyatakan bahwa jaringan Stellar masih tetap berjalan karena sifat desentralisasinya. Artinya, node-node yang dikelola pihak lain (bukan SDF) masih menjalankan protokol Stellar. Demikian juga, pihak lain yang menjalankan Horizon API independen tidak mengalami masalah apapun.

COINQVEST, Wirex, dan SatoshiPay misalnya, masing-masing memiliki node mereka dan termasuk juga Horizon API. Dengan demikian, layanan dari masing-masing pihak tersebut tak terganggu dengan kejadian down ini.

Hanya saja, ternyata ada juga pihak yang bergantung pada Horizon API milik SDF, seperti Bitstamp dan Coinbase.

Dengan down nya node milik SDF, rupanya jaringan Stellar hanya tinggal didukung oleh 21 node saja! Rupanya jaringan Stellar tidak terdesentralisasi dengan baik, yang bisa jadi akan ada disrupsi lebih besar di masa mendatang yang benar-benar “menghabisi” jaringan Stellar.

Padahal Stellar punya kapitalisasi pasar yang cukup besar. Total nilai sistem Stellar kini berada pada kisaran hampir USD12miliar! Ia pun berada pada posisi ke-12 koin paling berharga di pasaran.

Menarik disimak bagaimana reaksi pasar terhadap kejadian ini. Bila kepercayaan turun, bersiap-siaplah para pemilik Stellar untuk menghadapi goncangan harga yang signifikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.