. . .

Mau Beli Aset Kripto? Pertimbangkan Pendapat Fund Manager Ini

99% altcoin saat ini turun harganya menjadi nol.

Mark Yusko, CEO Morgan Creek Digital

Masa sulit seperti ini membuat banyak orang berpikir untuk mengamankan kekayaan mereka. Nilai uang fiat lokal bisa saja sewaktu-waktu kolaps, jelang guyuran utang baru untuk menutup defisit keuangan pemerintah.

Emas memang secara tradisional menjadi aset safe haven, yang “membekukan” nilai kekayaan seseorang saat fluktuasi ekonomi. Namun, bentuk fisik emas membuatnya cukup sulit disimpan dan dipindahkan dalam jumlah besar.

Aset kripto digadang-gadang menjadi emas generasi milenial.

Era kejayaan aset kripto beberapa tahun lalu memicu tumbuhnya banyak aset kripto alternatif, altcoin, menyusul bitcoin yang jadi pionir. Tak tanggung-tanggung, jumlah altcoin kini mencapai ribuan di pasaran.

Dengan jumlah yang begitu banyak, bisa jadi investor, terutama investor milenial pemula, menjadi bingung dengan pilihan yang ada. Apabila Anda jadi salah seorang yang masuk kriteria di atas, Anda bisa mengikuti saran Mark Yusko, CEO Morgan Creek Digital, yang saat ini menjadi salah satu pengelola aset kripto terbesar di dunia dengan dana tak kurang dari 100 juta dolar AS.

Yusko mengatakan, perusahaannya hanya berinvestasi pada sepuluh besar aset kripto, dengan mengesampingkan Ripple (XRP) dan Stellar Lumens (XLM). Menurutnya, kedua aset kripto ini terlalu sentralistik, yang bisa membahayakan dana kelolaannya.

Bagaimana dengan altcoin lainnya?

Menurut Yusko, 99% altcoin akan mati, dan tak akan ada nilainya lagi. Baginya, hal ini memungkinkan karena altcoin tak punya kegunaan praktis, yang nantinya akan semakin ditinggalkan konsumen.

Benarkah pendapat Yusko?

Bisa jadi. Produk aset kripto di daftar top 20 atau top 30 kini sedang kepayahan mengembangkan produk dan pasarnya. Hanya saja, pendapat tentang altcoin tak punya kegunaan praktis tentu saja bisa ditujukan ke bitcoin, yang sebenarnya lebih tak punya kegunaan selain diperjualbelikan (serta alat pembayaran pada vendor-vendor tertentu yang jumlahnya tak banyak).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.