seo resell
. . .

Seberapa Kaya Vitalik Buterin?

Jumlah aset kripto, uang tunai, dan surat berharga milik Vitalik Buterin sekarang diyakini bernilai tak kurang dari 100 juta dolar. Namun, pada puncak harga tertinggi pada awal 2018, aset kripto miliknya bernilai setengah miliar dolar.

Cryptobriefing.com

Vitalik Buterin tak ayal jadi orang “nomor dua” yang paling dibicarakan setelah Satoshi Nakamoto. Aset kripto besutannya, Ethereum, pula menempati posisi kedua dalam daftar aset kripto paling berharga sedunia.

Vitalik menelurkan ide penggabungan antara smart contract (yang lebih dahulu dicetuskan oleh Nick Szabo pada 1994) dan blockchain (oleh Nakamoto pada 2008). Jadilah Ethereum, aset kripto yang dimulainya pada pertengahan tahun 2014 bersama Gavin Wood.

Pengumpulan dana Ethereum cukup sukses dengan total nilai hingga 18,3 juta dolar. Melalui pembagian pra-penambangan (pre-mine) Ethereum, Vitalik dan Ethereum Foundation mendapat bagian sekitar 12 juta ether, atau sekitar 11% dari suplai yang ada kini.

Aset kripto apa saja yang dimiliki Vitalik?

Rupanya, Vitalik tak hanya mengempit tak kurang dari 352.000 ether. Dalam tiga dompet utama miliknya, diketahui ada beberapa token ERC-20 senilai lebih dari 900 ribu dolar, yakni Augur (REP), Maker (MKR), Kyber Network (KNC), dan OmiseGO (OMG).

Tak hanya itu, pada Februari tahun lalu, ia mengakui kepemilikannya atas Bitcoin, Bitcoin Cash, Zcash, dan Dogecoin sebesar lebih dari 10% nilai ether miliknya. Berdasarkan kalkulasi yang dilakukan Cryptobriefing, diyakini ia memiliki 2.000 BTC, 58.000 BCH, 140.000 ZEC, dan 3,6 juta DOGE yang bernilai total 35 juta dolar. Ditambah Ether, total kekayaan aset kripto Vitalik berada pada kisaran 82 juta dolar!

Uang tunai

Vitalik tak hanya punya banyak aset kripto. Uang tunai yang ia miliki, berdasarkan twitnya bulan Maret 2019, tak lebih dari 30 juta dolar, di mana 8 juta dolar telah ia alokasikan untuk donasi. Berdasarkan estimasi Cryptobriefing, uang tunai miliknya saat ini berjumlah “hanya” 12 juta dolar.

Vitalik mendapatkan gaji dari Ethereum Foundation sebesar 144 ribu dolar per tahun.

Sebelum Ethereum tercipta, ia pernah mengantongi uang 100 ribu dolar AS dari Thiel Fellowship, saat usianya baru 20 tahun!

Saham/ekuitas

Vitalik juga berinvestasi pada dua perusahaan, Clearmatics dan Starkware. Clearmatics bergerak di bidang teknologi DeFi, sementara Starkware berfokus pada platform zero-knowledge proofs.

Meski tak jelas berapa saham yang dimiliki Vitalik pada kedua perusahaan ini, namun kedua perusahaan ini berhasil meraup pendanaan sebesar 13 juta dan 36 juta, masing-masing untuk Clearmatics dan Starkware.

Dari seluruh harta kekayaan Vitalik, kalkulasi Cryptobriefing menyebut jumlah 100 juta sebagai angka yang rasional untuk jenius Ethereum ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.