. . .

Ketaksempurnaan Bitcoin yang kamu perlu tahu

Sebagaimana produk buatan manusia lainnya, bitcoin juga tak sempurna. Meski rincian teknik detail bitcoin cukup rumit dipahami, yang menurut Ministryofnodes, setidaknya ada beberapa yang kamu perlu tahu.

Menggunakan bitcoin tanpa paksaan

Kamu membeli, menjual, ataupun menggunakan bitcoin untuk keperluan apapun, semata-mata karena keinginan sendiri tanpa paksaan. Bitcoin tak pernah memaksa siapapun menggunakan bitcoin. Bitcoin, terlepas dari harganya yang selangit, sejauh ini tidak teregulasi dengan baik. Banyak orang yang berminat dengan bitcoin karena berharap skema cepat kaya, namun faktanya tak sedikit yang merugi karena bitcoin.

Bayar harga

Promotor bitcoin biasanya hanya menonjolkan sisi lebih dari bitcoin dan mengecilkan sisi negatifnya. Misalnya, sistem bitcoin yang memakai sumber daya listrik yang luar biasa besar untuk kegiatan penambangan. Atau, bitcoin yang saat ini mengandalkan subsidi dalam bentuk mining reward agar para penggunanya membayar fee kecil dan para penambang masih tetap tertarik menambang.

Lakukan risetmu sendiri

Meski sudah bermunculan literatur yang membahas bitcoin dari berbagai sisi, namun saat kamu ingin membangun portofolio investasi, kamu perlu melakukan riset sendiri. Artikel-artikel yang bertebaran di Internet belum tentu benar. Mereka yang menganggap diri pakar juga belum tentu memberikan informasi yang betul. Cek dan ricek.

Kita tak tahu apa yang kita tidak tahu

Dunia berubah dengan amat cepat. Saat ini bitcoin bisa berharga tinggi, namun besok siapa yang tahu. Analisis teknikal bisa memprediksi masa depan berdasarkan data histori yang telah terjadi. Namun banyak hal-hal yang bisa terjadi di masa mendatang, yang belum pernah terjadi sebelumnya di masa lalu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: