. . .

Cosmos (ATOM) Melesat, Kini Peringkat 15 Coinmarketcap

Pasca dimasukkannya ATOM ke dalam platform Binance, pasar mata uang kripto terbesar dunia, ATOM kini menduduki posisi 15 Coinmarketcap.

ATOM merupakan nama koin dari platform Cosmos, sebuah platform yang mengadakan ICO pada 2017. Butuh waktu dua tahun sampai Cosmos benar-benar merilis platformnya ke publik beberapa minggu yang lalu. Namun hanya dalam waktu seminggu saja, nilai ATOM meningkat hingga 40% dan kini diperdagangkan di harga US$4.54 per koin.

Meskipun para pengembang Cosmos tidak secara agresif memasukkan ATOM ke pasar-pasar mata uang kripto dunia, namun Binance melalui CEO nya Chengpeng Zhang atau lebih dikenal dengan nama CZ memasukkan ATOM tanpa menunggu permintaan. Tentu saja ini hal yang menarik.

Baca Juga:  Awal Tahun 2017, Harga Bitcoin Tembus $1000

Menurut CZ, dimasukkannya ATOM ke dalam platform perdagangan Binance disebabkan karena keunggulan teknologi Cosmos yang ditawarkan. Binance juga menerbitkan laporan khusus yang mengulas Cosmos, yang dapat diakses di sini. Cosmos memfokuskan diri pada pengembangan “internet of blockchain”, di mana interoperabilitas koin-koin pada blockchain yang berbeda akan ditingkatkan dengan menggunakan platform Cosmos.

Saat ini terdapat tiga pairing perdagangan ATOM dalam Binance, yakni ATOM/BNB, ATOM/BTC, dan ATOM/USDT.

Semenjak masuk dalam Binance, Cosmos menjadi salah satu fenomena. Para investor ICO pun diganjar pundi-pundi yang tidak sedikit, karena harga ICO yang hanya US0,10 kini meningkat 40 kali lipat.

Informasi tentang Cosmos pun pernah diulas dalam situs ini. Saat itu, Cosmos sedang mengadakan ICO, dan menawarkan teknologi yang belum ada saat itu. ICO Cosmos ini menjadi salah satu yang tercepat, yakni mengumpulkan $16juta dolar hanya dalam waktu 28 menit.

Baca Juga:  Pemerintah Australia Berencana Bebaskan Bitcoin dari Pajak

Patut disimak bagaimana kiprah Cosmos setelah mendapatkan banyak perhatian dari pegiat mata uang kripto dunia, apakah Cosmos benar-benar memberikan nilai tambah yang tidak dipunyai produk lainnya, ataukah sekedar hype saja. Tetapi patut pula dipertimbangkan bagaimana Tendermint, bagian konsensus dalam Cosmos, telah banyak diadopsi oleh produk lainnya sebagai salah satu model proof-of-stake yang paling oke.

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz aktif dalam dunia blockchain, mata uang kripto, dan keamanan siber.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: