home Berita, Cyber Security Bug Ditemukan, Remote Crash Hantui Node Bitcoin Unlimited

Bug Ditemukan, Remote Crash Hantui Node Bitcoin Unlimited

Usaha Bitcoin Unlimited (BU) untuk menyaingi jumlah node pada jaringan Bitcoin mengalami hantaman cukup keras. Kemarin, sebuah bug critical ditemukan pada implementasi aplikasi Bitcoin Unlimited yang memungkinkan serangan remote crash pada node-node BU. Faktanya, jumlah node BU jatuh dari 764 ke 262 menurut Coin.dance. Setelah penemuan bug ini, pengembang Peter Tschipper segera melakukan perbaikan dan merilis patch untuk memperbaiki bug tersebut.

Kejadian ini menimbulkan reaksi. Peter Todd misalnya, mencuit dalam akun pribadinya.

 

Cuitan ini menimbulkan beragam reaksi. Ada yang mendukung, ada pula yang mencibir. Peter Todd sendiri merupakan salah satu pengembang perangkat lunak Bitcoin Core (BC) yang sedang disaingi oleh BU. Kedua aplikasi ini bersaing agar mendapatkan suara mayoritas dari para penambang agar dapat mengaplikasikan solusi mereka atas problem ukuran blok yang sekarang terjadi dalam jaringan Bitcoin.

Bitcoin node merupakan salah satu elemen penting dalam sistem Bitcoin. Node merupakan server-server yang terpisah satu sama lain namun terhubung dalam jaringan peer-to-peer. Node Bitcoin memvalidasi transaksi dan mengelola blockchain, yakni rekaman transaksi sedari awal diluncurkannya Bitcoin hingga saat ini. Tanpa node, maka tidak akan ada sistem Bitcoin.

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
Baca Juga:  Sony Adakan Kompetisi Fintech 2016

One thought on “Bug Ditemukan, Remote Crash Hantui Node Bitcoin Unlimited

Leave a Reply

%d bloggers like this: