. . .

Bitcoin Unlimited Tantang Core, Raih 40% Suara Penambang

Di tengah carut marut pertentangan akan ukuran blok dalam protokol Bitcoin, Bitcoin Unlimited (BU) seperti dilaporkan CCN, telah meraih 39,6% suara penambang dalam 24 jam terakhir. Jumlah tersebut menunjukkan persentase total blok yang dihasilkan oleh aplikasi BU, dan dapat pula dikatakan bahwa 39,6% kekuatan komputasi dalam jaringan Bitcoin mendukung protokol BU.

Hal ini tentu saja cukup mencengangkan di tengah usaha pengembang Bitcoin Core (BC) dalam meluncurkan alternatif solusi ukuran blok yaitu Segregated Witness (segwit). Dengan segwit, maka akan terjadi perubahan protokol Bitcoin, di mana digital signature tidak akan diletakkan di dalam blok melainkan di dalam segwit. Dengan demikian, ukuran blok dalam BC tidak perlu berubah meskipun mampu menampung lebih banyak transaksi. Banyak orang menilai bahwa solusi ini adalah solusi sementara, sebab jumlah transaksi Bitcoin diyakini akan semakin meningkat seiring makin populernya Bitcoin.

Baca Juga:  Pemerintah Dubai Danai Riset Blockchain

Berbeda dengan pendekatan BC, BU menawarkan protokol dengan ukuran blok yang dapat disesuaikan sewaktu-waktu oleh para penambang. Dengan BU, voting akan dilakukan sebelum ukuran blok berubah. Beberapa pendukung setia BU seperti Bitmain telah melakukan beberapa langkah yang cukup ekstrim, di antaranya menambang blok kosong. Kini Antpool, salah satu mining pool terbesar, telah bergabung dengan para pendukung BU lainnya. Apabila jumlah suara BU telah mencapai 50%, diyakini bahwa para vendor akan mulai beralih kepada protokol BU pula, meskipun jaringan Bitcoin sendiri secara umum akan mengadopsi BU apabila tingkat suara telah mencapai 75%.

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: