home Berita Tentang Bitmain Yang Menambang Blok Kosong

Tentang Bitmain Yang Menambang Blok Kosong

Perdebatan tentang ukuran blok diyakini tidak semakin mereda, malahan semakin meruncing. Bitcoin Unlimited yang dahulu menjadi alternatif solusi, kini justru membawa masalah baru. Salah satu mining pool terbesar di dunia Bitmain menyatakan bahwa mereka akan tetap menambang blok kosong. Itu artinya akan menambah beban jaringan di mana transaksi-transaksi Bitcoin terus menumpuk dan harus menunggu lebih lama untuk dapat terkonfirmasi.

Jihan Wu dalam twit-nya menyatakan bahwa mereka tidak akan berhenti menambang blok kosong, semata-mata karena protokol Bitcoin memang mengizinkan mereka untuk melakukan hal tersebut. Meskipun tidak melanggar protokol apapun, namun perbuatan mereka mendapatkan banyak komentar negatif oleh para pendukung Bitcoin. Di saat komunitas berusaha untuk menyelesaikan persoalan penumpukan transaksi, namun perbuatan Bitmain ini sama sekali tidak menggambarkan kontribusi positif terhadap pemecahan persoalan tersebut.

Baca Juga:  Menurut Pakar, Ini Penyebab Meroketnya Harga Bitcoin

Banyak orang menyebut bahwa usaha Bitmain tersebut dilakukan untuk memaksa operator mining dan node lainnya beralih ke Bitcoin Unlimited. Sejak rilisnya hingga saat ini, Bitcoin Unlimited belum mampu menggeser posisi Bitcoin Core dalam penggunaannya di jaringan Bitcoin. Perkara ini bisa menjadi langkah mundur bagi penyelesaian problem scaling yang semakin hari semakin perlu diselesaikan.

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: