home Cyber Security Hacker Retas NSA, Software Rahasia Dilelang

Hacker Retas NSA, Software Rahasia Dilelang

Beberapa waktu lalu, dunia dihebohkan dengan klaim sekelompok hacker yang menamai dirinya sebagai “The Shadow Brokers” bahwa mereka telah berhasil membobol keamanan NSA dan mencuri beberapa perangkat lunak yang penting. Kelompok hacker ini telah memulai lelang untuk mengumpulkan dana berbentuk Bitcoin. Perangkat lunak curian akan dipublikasikan secara luas jika mereka berhasil mendapatkan setidaknya 1 juta BTC.

Klaim yang dipublikasikan dalam pastebin ini menyebut korban mereka sebagai “The Equation Group”, sebuah grup hacking yang terkait erat dengan NSA berdasarkan dokumen yang dibocorkan oleh Edward Snowden. Perangkat lunak yang berhasil dicuri oleh Shadow Brokers diduga merupakan perangkat yang digunkaan untuk melakukan surveilance.

Baca Juga:  Hacker Bobol Gatecoin, Kerugian Mencapai $2 Juta

Alamat Bitcoin 19BY2XCgbDe6WtTVbTyzM9eR3LYr6VitWK yang digunakan oleh Shadow Brokers kini telah mengumpulkan setidaknya 1,7 BTC, masih sangat jauh dari target 1 juta BTC. Namun Shadow Brokers juga telah menjanjikan akan mengirim cara dekripsi kepada siapapun yang mengirim dana terbesar kepada mereka melalui alamat Bitcoin tersebut.

Beberapa dugaan yang dilontarkan menyebut bahwa aktivitas hacking melawan NSA ini dilakukan oleh Rusia, meski tentu saja baru sebatas dugaan. Kini ditakutkan bahwa FBI akan mencoba melakukan penawaran dengan menggunakan bitcoin sitaan dari Silk Road, namun telah dibantah oleh pakar keamanan.

Sumber gambar: news.bitcoin.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: