home Bitcoin Plus Minus Kenaikan Harga Bitcoin

Plus Minus Kenaikan Harga Bitcoin

Pasar Bitcoin dan cryptocurrency lainnya seperti ETH (Ethereum) dan DAO (Dao Token) meningkat tajam dalam beberapa waktu belakangan ini. Bitcoin sebagai pioneer cryptocurrency memiliki sejarah paling panjang dibandingkan cryptocurrency lainnya dalam hal fluktuasi harga yang sangat tidak menentu. Bitcoin pernah menyentuh harga 1000 dolar AS per BTC untuk kemudian tergerus hingga separuhnya. Karakteristik bitcoin yang volatil ini dimanfaatkan oleh para trader untuk meraup profit dengan berjual-beli bitcoin dan mengambil selisih harga atasnya.

Sebagai sebuah mata uang yang mewakili semangat kebebasan, bitcoin tidak memiliki pengendali sentral. Tidak seperti mata uang yang dikeluarkan oleh negara tertentu yang nilai tukarnya dipengaruhi oleh kebijakan dan kondisi ekonomi negara tersebut, bitcoin divaluasi sepenuhnya oleh pasar. Saat permintaan tinggi, di situlah harga meningkat, dan saat permintaan rendah, di situ pula harga merosot. Bahkan sebuah pasar cryptocurrency memiliki independensi atas pasar cryptocurrency lainnya. Kenaikan dan penurunan nilai tukar bitcoin terhadap mata uang lain. Dalam beberapa bulan belakangan ini, nilai bitcoin cenderung naik dalam taraf yang cukup signifikan. Jelang reward halving, nilai bitcoin berlipat ganda jika dibandingkan nilai pada tahun lalu. Kenaikan harga ini tentu ada plus-minusnya.tan

Baca Juga:  The Prisoner's Dilemma: Mahalnya Ongkos Transaksi Bitcoin

Nilai positif dari kenaikan bitcoin adalah bukti bahwa bitcoin masih memiliki valuasi yang terus meningkat di mata masyarakat dunia. Volume perdagangan bitcoin semakin meningkat dalam volume maupun nilai, menunjukkan kekuatan bitcoin sebagai sebuah mata uang (maupun aset). Bitcoin yang kini memiliki valuasi lebih dari 6 miliar dolar AS dipandang memiliki kekuatan yang cukup untuk bertahan dalam waktu yang lama, sehingga beberapa teknologi dikembangkan dengan menggunakan platform bitcoin, di antaranya proyek digital certificate oleh MIT.

Kenaikan harga bitcoin juga membawa dampak kurang menyenangkan bagi pengguna bitcoin. Harga yang tinggi bisa menyebabkan orang-orang yang baru mengenal bitcoin enggan membeli, sehingga tingkat adopsi bitcoin semakin menurun. Para pengguna pemula merupakan salah satu faktor penting dalam perluasan penggunaan bitcoin. Dengan tingginya harga bitcoin, maka hanya segelintir orang yang berduit sajalah yang mampu membeli bitcoin dalam jumlah yang cukup untuk dibelanjakan.

Baca Juga:  Bitcoin Core Perkenalkan BIP-0152 Compact Block Relay untuk Kurangi Penggunaan Bandwidth Jaringan

Peningkatan harga bitcoin juga dapat mengancam stabilitas platform-platform yang beroperasi di atas bitcoin. Seperti telah diketahui bahwa bitcoin tidak hanya menjadi sebuah sistem pembayaran elektronik, namun juga media komunikasi. Dengan tingginya harga bitcoin, maka platform-platform tersebut bisa mengalami kesulitan ketersediaan koin untuk menjalankan sistem yang mereka bangun.

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

One thought on “Plus Minus Kenaikan Harga Bitcoin

Leave a Reply

%d bloggers like this: