home Bitcoin Bitcoin Core Perkenalkan BIP-0152 Compact Block Relay untuk Kurangi Penggunaan Bandwidth Jaringan

Bitcoin Core Perkenalkan BIP-0152 Compact Block Relay untuk Kurangi Penggunaan Bandwidth Jaringan

Meskipun perdebatan tentang ukuran blok masih terus berlangsung, pengembang Bitcoin Core tidak berhenti melakukan inovasi dan pengembangan perangkat lunak Bitcoin Core. Sebab, selain permasalahan ukuran blok akibat meningkatnya jumlah transaksi bitcoin, bandwidth jaringan yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi informasi blok baru juga semakin membengkak. Inilah yang coba dipecahkan oleh pengembang Bitcoin Core dengan memperkenalkan BIP-0152 yakni Compact Block Relay.

Cara Kerja

Compact Block Relay akan mengurangi penggunaan bandwidth Internet dengan memperhitungkan bahwa setiap node sebenarnya telah memiliki informasi transaksi-transaksi baru di dalam mempool mereka. Sehingga, apabila blok baru berhasil dibuat, node-node tersebut cukup bertukar informasi tentang transaksi mana saja yang dimasukkan ke dalam blok baru tersebut tanpa harus mengirimkan informasi penuh tentang blok tersebut. Proses pertukaran informasi dalam skema baru ini hanya akan melibatkan 80 byte block header dan TXID transaksi-transaksi di dalam blok baru tersebut. Apabila node tidak memiliki informasi tentang transaksi tertentu, maka node tersebut dapat meminta informasi menyeluruh terkait blok baru tersebut. Dengan demikian, rekonstruksi atas blok baru akan dilakukan oleh masing-masing node.

Baca Juga:  Jepang Akan Kenakan Pajak Pada Transaksi Bitcoin

High Bandwidth Mode

Selain menawarkan compact block relay, proposal baru ini juga memperkenalkan operasi high bandwidth mode di mana sebuah node akan meminta informasi blok-blok baru kepada beberapa peer sekaligus. Hal ini akan meningkatkan penggunaan bandwidth namun akan mempercepat proses update. Cara ini dapat digunakan bagi node-node dengan bandwidth besar dan menginginkan kecepatan relay tinggi.

Perbaikan Protokol Jaringan

Dengan BIP-0152 ini, pengembang Bitcoin Core mengarahkan peningkatan performa dari sisi protokol komunikasi jaringan. Ke depan, mereka akan mengganti beberapa bagian dari protokol yang ada saat ini, di antaranya transmisi TCP akan digantikan dengan UDP dan memanfaatkan mekanisme forward error correction (FEC) untuk mengatasi error saat transmisi. BIP-0152 sendiri sedang dalam tahap pengembangan dan ujicoba oleh para pengembang.

Baca Juga:  Plutus, Metode Pembayaran Berbasis NFC yang Mendukung Bitcoin

 

Sumber: Compact Blocks FAQ

Sumber gambar: alphr.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: