home Cyber Security Hacker Gunakan Celah TeamViewer untuk Susupkan Ransomware

Hacker Gunakan Celah TeamViewer untuk Susupkan Ransomware

Seorang pengguna Reddit bernama MississippiMaam melaporkan kejadian yang menimpa dirinya. Setelah menggunakan layanan TeamViewer, keesokan harinya ia mendapati komputer miliknya telah berganti wallpaper dengan instruksi-instruksi pembayaran ransum dalam bentuk bitcoin. Ia akhirnya menyadari bahwa ia telah mendapat serangan ransomware. Serangan ini diyakininya berasal dari sistem TeamViewer. Sang hacker berhasil mendapatkan akun TeamViewer miliknya, login ke dalam komputernya dan menyusupkan Ransomware ke komputer tersebut.

TeamViewer sendiri merupakan sebuah sistem yang dibangun untuk dapat mengendalikan komputer dari jarak jauh. Sistem ini memungkinkan bantuan teknis secara remote jika terjadi permasalahan pada komputer pengguna tanpa harus mendatangi komputer tersebut secara fisik. Namun tentu saja, sistem seperti ini sangat rawan disalahgunakan apabila informasi akun bocor ke tangan yang salah, seperti yang dialami oleh MississippiMaam.

Baca Juga:  Anonymous Umumkan Perang Cyber Pada Donald Trump

Untuk mengurangi risiko terjadinya hal ini, pengguna Internet disarankan untuk secara rutin mengganti password dengan password yang belum pernah digunakan, dan tidak menggunakan password yang sama pada akun-akun yang berbeda. Untuk mengecek apakah akun email telah dihack, Anda dapat mengunjungi HaveIbeenPwned, sebuah situs yang mengumpulkan informasi akun-akun yang pernah dibobol oleh hacker.

 

Sumber: Virus erases files of bitcoin user due to TeamViewer breach; says social media

Sumber gambar: techsert.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: