. . .

MIT Media Lab Luncurkan Proyek Sertifikat Elektronik Berbasis Bitcoin

Beberapa hari yang lalu, MIT Media Lab meluncurkan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat, menampilkan, dan memverifikasi sertifikat elektronik dengan memanfaatkan bitcoin. Perangkat lunak tersebut diluncurkan dengan lisensi open source yang dapat diunduh dan dimodifikasi secara gratis di bawah lisensi open source MIT.

Terdapat 3 bagian dalam sistem ini, yakni Cert-schema, Cert-issuer, dan Cert-viewer. Cert-schema merupakan subsistem yang menjelaskan tentang standar data yang digunakan di dalam sertifikat elektronik, yang menggunakan file JSON dan disesuaikan dengan spesifikasi Mozilla Open Badges. Cert-issuer memproses sertifikat JSON tersebut, menghitung nilai hash-nya, dan mempublikasikan nilai hash tersebut menggunakan transaksi bitcoin di dalam skrip OP_RETURN. Sementara cert-viewer digunakan untuk menampilkan dan memverifikasi sertifikat elektronik setelah dibuat.

Aplikasi ini merupakan salah satu pemanfaatan lain dari bitcoin. Para pembuat sistem ini mengatakan bahwa mereka menggunakan bitcoin karena meyakini bahwa sistem ini telah lulus ujicoba dan investasi besar telah ditanamkan ke dalam sistem ini sehingga sangat mungkin bertahan dalam jangka waktu yang lama. Meskipun terdapat sistem lain yang memiliki fitur yang lebih baik seperti Ethereum, bitcoin lebih unggul dalam hal-hal di atas.

Cara Kerja

Sertifikat yang telah diterbitkan dapat diverifikasi keasliannya dengan membandingkan nilai hash sertifikat tersebut dengan nilai hash yang ada di dalam blockchain. Jika kedua nilai ini sama, maka sertifikat sah. Jika tidak, maka sertifikat tidak dapat dibuktikan keasliannya. Sertifikat elektronik yang telah diterbitkan juga dapat dibatalkan dengan membelanjakan bitcoin yang ada di dalam alamat yang dituju, yakni alamat yang dimiliki oleh si pemiliki sertifikat. Dana bitcoin tersebut sebesar $0,01 yang dikirimkan dari alamat milik penerbit sertifikat, misalnya dalam hal ini MIT Media Lab. Dengan demikian, pemilik sertifikat dapat mengontrol informasi apa yang disajikan di dalam sertifikat dan membatalkannya di kemudian hari.

 

Sumber: Digital Certificates Project

Sumber gambar: slideshare.net

One thought on “MIT Media Lab Luncurkan Proyek Sertifikat Elektronik Berbasis Bitcoin”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.