home Blockchain Custos, Perusahaan Rintisan yang Gunakan Bitcoin untuk Tangkal Pembajakan Film

Custos, Perusahaan Rintisan yang Gunakan Bitcoin untuk Tangkal Pembajakan Film

Custos Media Technologies, perusahaan rintisan berbasis di Afrika Selatan yang memiliki visi untuk memerangi pembajakan film dengan menggunakan bitcoin, telah mendapatkan pendanaan sebesar 265 ribu dolar dari investor Afrika Selatan dan juga dari Digital Currency Group, sebuah investor yang berbasis di New York. G-J van Rooyen, CEO Custos, mengatakan dalam konferensi pers bahwa investasi yang diterima ini akan memulai usaha perusahaan dalam pasar film indie yang sangat terpengaruh dengan aktivitas pembajakan.

Teknologi yang ditawarkan oleh Custos akan bekerja dengan cara menempelkan sebuah kunci privat dari sebuah alamat bitcoin atas setiap salinan film yang dijual. Jika film tersebut dibajak, maka kunci yang tersimpan di dalam salinan tersebut akan menunjukkan sumber asal film bajakan tersebut. Pembajak dapat juga mengambil kunci privat tersebut dengan menggunakan alat khusus dari Custos untuk mengklaim hadiah di dalam alamat bitcoin. Mekanisme ini mirip seperti proses pencarian harta karun.

Baca Juga:  Swedia Segera Ujicoba Sistem Registrasi Properti

Ketika bitcoin tersebut diklaim oleh pembajak, maka Custos dapat melihat pergerakan uang tersebut dan dalam waktu yang sama mendeteksi bahwa sebuah salinan film telah dilanggar hak ciptanya dan menginformasikan kepada sang pemilik film.

Custos tahun lalu telah mendapat suntikan dana dari Stellenbosch University sebesar 140 ribu dolar. Barry Silbert, CEO Digital Currency Group, sangat antusias terhadap ide ini karena menunjukkan bahwa bitcoin memiliki manfaat besar untuk menyelesaikan persoalan nyata di dunia.

 

Sumber: South African Statup Tackes Movie Piracy With Bitcoin’s Blockchain

Sumber gambar: techreport.co.za

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: