home Cyber Security Ransomware Serang Sekolah Riverdale

Ransomware Serang Sekolah Riverdale

Ancaman ransomware Bitcoin seakan tidak pernah berhenti. Kali ini, sekolah Riverdale mengalami serangan atas sistem komputer mereka. Namun pihak sekolah menolak memberikan uang yang diminta dan memilih memperbaiki sistem mereka dari backup yang mereka miliki. Ransomware mentargetkan organisasi-organisasi dengan sistem komputer yang tidak diupdate dengan baik seperti sekolah dan rumah sakit. Organisasi-organisasi ini juga tidak memiliki staf terlatih yang mampu menangani tipe serangan cyber.

Permasalahan dimulai beberapa minggu yang lalu ketika staf kesulitan mengakses surel. Permasalahan ini kemudian dilaporkan kepada Passaic County Education Services (PCES) yang memang bertugas menangani infrastruktur IT. PCES menemukan pesan ransomware pada beberapa komputer yang meminta tebusan 2 BTC. Meskipun mengalami serangan, sekolah tersebut menolak membayar permintaan ransum dan memutuskan untuk memperbaiki sistem mereka dari data backup yang mereka miliki.

Baca Juga:  Petya, Ransomware Generasi Berikutnya Setelah WannaCry

Untungnya, serangan tidak menyebar ke sistem lain, sehingga dapat dengan mudah diselesaikan. Lima hari kemudian, semua sistem kembali normal dan tidak ada dokumen penting yang hilang. Serangan ini diyakini dilakukan oleh tipe ransomware baru bernama DMA Locker 3.0 yang dinamai oleh Malwarebytes. Ransomware ini berhasil melewati aplikasi antivirus yang dipasang di komputer sekolah tersebut.

 

Sumber: Riverdale School District Refused To Pay Bitcoin Ransomware Fee

Sumber gambar: itproportal.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: