home Berita Pemerintah Australia Berencana Bebaskan Bitcoin dari Pajak

Pemerintah Australia Berencana Bebaskan Bitcoin dari Pajak

Pemerintah Federal Australia berencana menghilangkan pajak berganda atas Bitcoin dengan menghilangkan pajak atas barang dan jasa (GST atau Goods and Services Tax), demikian diumumkan oleh Scott Morrison, Bendahara Negara. GST sendiri saat ini memperlakukan cryptocurrency seperti barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen. Pada tahun 2014, Kantor Pajak Australia (ATO atau Australian Tax Office) mengumumkan bahwa investor harian bitcoin tidak akan dipajaki selama nilai bitcoin berada di bawah 10.000 dolar Australia.

Pajak Berganda

Pajak berganda akan terjadi ketika konsumen membeli bitcoin dengan membayar GST, dan juga akan membayar GST ketika membeli barang lain dengan menggunakan bitcoin. Setahun kemudian, komite senat bidang ekonomi merekomendasikan untuk memperlakukan bitcoin sebagai mata uang normal untuk kepentingan GST dan tidak diperlakukan sebagai aset tidak berbentuk (intangible asset). Pemerintah Australia kini membuka kerjasama dengan industri keuangan untuk memperkenalkan aturan baru pengenaan GST dalam penggunaan mata uang digital.

Baca Juga:  Jaxx Luncurkan Wallet Bitcoin dan Ethereum dalam Extension Chrome

Birokrasi

Meskipun pemerintah berencana menghilangkan GST, namun pemerintah akan menekankan regulasi untuk membatasi penggunaannya dalam kriminalitas dan terorisme, di antaranya dengan memastikan kepatuhan aturan anti pencucian uang dan pembiayaan kontra-terorisme untuk memfasilitasi pengembangan mata uang virtual di masa depan.

 

Sumber: Govt to ditch GST on Bitcoin

Sumber: lawandbitcoin.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: