home Cyber Security RS di Ottawa Terserang Ransomware, Komputer Tidak Dapat Diakses

RS di Ottawa Terserang Ransomware, Komputer Tidak Dapat Diakses

Rumah Sakit Ottawa di Kanada telah mengkonfirmasikan bahwa 4 komputer di dalam jaringan komputer mereka telah terserang ransomware pada minggu lalu yang mengenkripsi seluruh informasi di komputer yang terserang ransomware sehingga tak lagi dapat diakses. Meski demikian, mereka mengabarkan bahwa tidak ada informasi pasien yang terkena dampaknya. Pihak rumah sakit merespon serangan tersebut dengan menghapus seluruh informasi dalam harddisk komputer tersebut.

Kate Eggins, juru bicara rumah sakit, mengatakan bahwa mereka telah memiliki sistem perlindungan yang cukup untuk melindungi informasi pasien dan terus berupaya untuk meningkatkan keamanan digital mereka. Infeksi pada sistem Rumah Sakit Ottawa merupakan kejadian yang kesekian kalinya di mana ransomware menyerang komputer rumahan dan juga komputer dalam sektor bisnis.

Baca Juga:  Anonymous Umumkan Perang Cyber Pada Donald Trump

Mewabah

Minggu lalu, periset menemukan bahwa kini muncul ransomware yang khusus mentarget komputer Apple, yang menunjukkan bahwa para hacker memperluas target mereka. Sementara, ransomware yang berkode “Locky” telah ditemukan dalam email-email spam yang berusaha menginfeksi korbannya sejak bulan lalu. Setiap jam, server milik Trustwave mendeteksi 200 ribu email spam terkirim. Ransomware merupakan bentuk malware yang semakin mewabah, terbukti bahwa virus bernama Cryptowall 3 telah membuat para hacker mendapat keuntungan sebesar 325 juta dolar AS sepanjang tahun 2015.

 

Sumber: Ottawa Hospital hit with ransomware, information on four computers locked down

Sumber gambar: ednet.co

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: