home Berita Bitcoin Smart Contract dengan Rootstock

Bitcoin Smart Contract dengan Rootstock

Sampai saat ini, banyak orang berpikir bahwa smart contract tidak dapat dikembangkan dalam lingkungan Bitcoin. Inilah salah satu alasan mengapa AltCoin seperti Ethereum mendapat banyak perhatian publik, sebab blockchain  Ethereum mampu mengeksekusi smart contract secara otomatis. Bagaimanapun juga, sebuah tulisan terbaru dalam Medium mengindikasikan perkembangan baru tentang Rootstock, yang memungkinkan orang membuat smart contract berbasis Bitcoin.

Rootstock

Rootstock sendiri masih merupakan pengembangan ide sampai saat ini dan belum diimplementasikan ke dalam kode komputer sama sekali. Namun demikian, Coinsilium, salah satu investor dalam cryptocurrency, berani berinvestasi dalam Rootstock, sehingga valuasi Rootstock kini mencapai 5 juta dolar AS. Secara teoretis, Rootstock menggunakan mesin virtual yang menjalankan skrip Turing-complete (mendukung iterasi atau perulangan). Namun terdapat perbedaan dengan mesin virtual milik Ethereum, sebab Rootstock menggunakan blockchain milik Bitcoin ketimbang menggunakan blockchain lain.

Baca Juga:  ChinaCoin, Mata Uang Virtual dari Negeri Tirai Bambu

Cara kerja

Rootstock direncanakan untuk menciptakan blok baru setiap 20 detik, dan tim pengembang Rootstock berharap mereka dapat mencapai 300 transaksi perdetik. Bagaimanapun, mereka berencana menggunakan teknologi sidechain, yaitu teknologi yang memungkinkan aset Rootstock dan Bitcoin dipertukarkan satu sama lain meskipun berada dalam blockchain yang terpisah. Rootstock sendiri tidak akan menerbitkan koin dengan sistem pra-jual seperti halnya AltCoin lain. RTC akan menjadi kode koin dalam Rootstock yang hanya dapat diakses jika BTC ditransfer ke dalam sidechain dan dikonversi ke dalam nilai yang setara dengan RTC. Sekelompok perusahaan Bitcoin diharapkan akan membantu pengamanan transfer dana antara blockchain Bitcoin dan sidechain Rootstock. Akan ada biaya transaksi yang dikenakan sebagai insentif bagi perusahaan-perusahaan tersebut, namun proses perpindahan dana akan dilakukan secara otomatis.

Baca Juga:  Inggris Tertarik Gunakan Blockchain Demi Transparansi Penggunaan Uang Pajak

 

Sumber: Rootstock Aims To Enable Bitcoin Smart Contracts

Sumber gambar: livebitcoinnews.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

2 thoughts on “Bitcoin Smart Contract dengan Rootstock

Leave a Reply

%d bloggers like this: