home Berita ZeroNet, Pionir Internet Peer-to-Peer Berbasis BitTorrent

ZeroNet, Pionir Internet Peer-to-Peer Berbasis BitTorrent

ZeroNet, jaringan peer-to-peer (P2P) yang tidak memiliki server pusat yang menggunakan teknik kriptografi Bitcoin dan teknologi jaringan BitTorrent, bisa menjadi pionir atas web desentralisasi.

BitTorrent merupakan jaringan di mana pengguna dapat mengunduh dokumen langsung dari pengguna lain, tanpa adanya server terpusat. Teknologi distribusi file milik BitTorrent merupakan salah satu penemuan terbesar dalam teknologi Internet sejak ditemukannya web, yang membuka kemungkinan Internet yang terdesentralisasi.

Internet terdesentralisasi akan menjadi lebih kuat dibandingkan tren saat ini dengan pusat-pusat server yang menyediakan data bagi penggunanya. Meskipun BitTorrent memiliki asosiasi lekat dengan pembajakan software, di mana tidak banyak otoritas yang mampu mencegah pengguna BitTorrent dalam pertukaran dokumen. BitTorrent sendiri membutuhkan sebuah server pusat yang menyediakan informasi ketersediaan dokumen, seperti The Pirate Bay. Server seperti ini sangat rentan dengan usaha penegakan hukum, sehingga sewaktu-waktu bisa ditutup.

ZeroNet

Di sinilah muncul Play dalam ZeroNet, jaringan P2P yang tidak dapat dimatikan karena tidak memiliki server. Zeronet memanfaatkan gabungan teknologi BitCoin dan BitTorrent.Play menyediakan tautan magnet yang menunjukkan file-file yang disediakan oleh pengguna. Proyek ini dimulai oleh BitTorrent dalam Proyek Maelstrom pada tahun 2015, untuk menciptakan peramban P2P yang berbasis teknologi BitTorrent untuk web terdesentralisasi. Proyek Maelstrom memulai ujicoba pada bulan April dan telah merilis perangkat pengembangan open source, namun pengembangan tidak banyak mengalami peningkatan hingga saat ini.

Baca Juga:  19 Jam Jelang Reward Halving, Harga Bitcoin Naik 500 Ribu!

Sementara itu The Pirate Bay telah mengumumkan proyek yang serupa pada awal 2015, namun belum juga merilis kode sumber maupun update sejak saat itu. Terdapat juga MaidSafe, sebuah proyek yang dideskripsikan sebagai Internet crowd-source menggunakan teknologi P2P yang belum juga merilis aplikasi jadi.

Play

Sementara itu situs torrent Play yang berbasis teknologi ZeroNet sepertinya bekerja dengan baik karena murni berbasis P2P sehingga ada di mana-mana. Siapapun dapat memasang ZeroNet dalam beberapa menit saja dan mulai berseluncur dalam jaringan P2P atau menciptakan situs baru dalam ZeroNet. Secara umum, pencipta ZeroNet telah mengembangkan solusi untuk situs dengan update real time. Situs seperti ini termasuk situs forum dan chatting ditampilkan dalam halaman pertama ZeroNet.

Baca Juga:  ACCC Larang Bank Australia Hambat Kompetisi Dengan Bitcoin

ZeroNet tersedia sebagai open source dalam GitHub dan bekerja dalam jaringan Tor yang memberikan opsi tambahan anonimitas. Tamas, nama alias seorang pengembang ZeroNet, mengatakan bahwa ZeroNet memungkinkan server dikelola oleh para pengguna sehingga tidak ada biaya yang diperlukan untuk membuat sebuah situs baru. Untuk membaca situs-situs dalam ZeroNet, pengguna harus menjalankan aplikasi ZeroNet yang kemudian dapat diakses dalam peramban.

Update

Untuk mempublikasikan sebuah update dalam situs, maka update tersebut harus ditandatangani, kemudian dikirim ke peer lainnya untuk didistribusikan ke setiap peer. Metode ini akan ditangani oleh skrip ZeroNet. Setiap situs diupdate secara real time. Ketika konten baru diterima oleh aplikasi, maka aplikasi ZeroNet menginformasikan peramban untuk menampilkan update terbaru. Saat ini ada batasan ruang bagi setiap situs sebesar 10MB dalam ZeroNet, sehingga cukup untuk menyimpan 6-80.000 torrent. Saat ini ZeroNet cocok bagi situs-situs kecil, namun tidak menutup kemungkinan adanya pengembangan lebih lanjut.

Baca Juga:  21 Berekspansi, Kini Dapat Diakses Menggunakan Mac dan Linux

Untuk pengembangan ke depan, ZeroNet akan diintegrasikan dengan Bitcoin, di mana pengguna dapat melakukan pembayaran ke sebuah alamat situs, dengan demikian built-in wallet akan disediakan pada update di masa depan.

 

Sumber: BitTorrent-Powered ZeroNet Decentralized Web Pioneers Peer-To-Peer Internet

Sumber gambar: siliconangle.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: