home Berita Estonia Gunakan Blockchain untuk Simpan 1 Juta Data Rekam Medis

Estonia Gunakan Blockchain untuk Simpan 1 Juta Data Rekam Medis

Guardtime, sebuah perusahaan rintisan yang menggunakan teknologi pendukung Bitcoin untuk mengamankan data publik dan privat, telah menandatangani kontrak dengan pemerintah Estonia untuk mengamankan sejuta data rekam medis di negara tersebut menggunakan teknologi blockchain.

Kesepakatan dengan otoritas e-Health Estonia ini datang setelah kerjasama dengan otoritas sistem informasi Estonia, yang akan memanfaatkan teknologi buatan Guardtime untuk menyimpan data pemerintahan. Guardtime menggunakan teknologi blockchain untuk memverifikasi data dan membuktikan keasliannya. Perusahaan ini membuat sebuah jaringan yang dapat diakses dan diverifikasi oleh warga negara, perusahaan swasta, dan lembaga pemerintah.

Estonia menjadi salah satu negara terdigitalisasi terbaik di dunia dan hal ini akan membantu Guardtime untuk meningkatkan teknologi mereka. Setiap warga Estonia memiliki smartcard yang menyimpan data mereka dan memberi mereka akses kepada lebih dari 1.000 layanan pemerintahan.

Baca Juga:  Inggris Tertarik Gunakan Blockchain Demi Transparansi Penggunaan Uang Pajak

Mike Gault, salah satu pendiri dan CEO Guardtime, mengatakan kepada Business Insider bahwa semua hal dapat dilakukan secara online di Estonia, kecuali menikah dan bercerai. Gault juga mengatakan bahwa adopsi blockchain pada data rekam medis akan menghilangkan data-data palsu. Lebih lanjut lagi, Guardtime dan Estonia berencana untuk memigrasi lebih banyak data ke dalam blockchain industrial yang kini telah digunakan oleh Departemen Pertahanan AS dan juga perusahana telekomunikasi Ericsson.

 

Sumber: Estonia is using the technology behind bitcoin to secure 1 million health records

Sumber gambar: ibtimes.co.uk

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: