home Berita, Cyber Security Ransomware Serang Rumah Sakit Hollywood

Ransomware Serang Rumah Sakit Hollywood

Serangan ransomware kembali terjadi, kali ini menyasar sebuah rumah sakit di Hollywood Amerika Serikat, tepatnya Hollywood Presbyterian Medical Center, yang menyebabkan sistem komputer mereka tidak dapat beroperasi. Menurut sebuah laporan, penyerang meminta bayaran 9.000 bitcoin (sekitar 3,6 juta dolar) untuk mengembalikan akses sistem rumah sakit tersebut, yang kini telah berhenti beroperasi selama seminggu.

Investigasi

Serangan tersebut telah memicu kondisi darurat, di mana sistem ruang gawat darurat mengalami dampak serangan malware tersebut, meskipun pihak rumah sakit menyatakan tidak ada rekam medis yang terdampak malware. Meskipun diyakini tidak ada korban jiwa atas serangan ini, beberapa pasien telah dipindahkan ke rumah sakit yang lain karena kejadian ini, yang menyebabkan sistem-sistem penting seperti CT scan, dokumentasi, lab, dan farmasi tidak dapat diakses.

Baca Juga:  IMF: Bitcoin Masa Depan Keuangan Dunia

Para doktor dan staf medis telah mulai menggunakan telepon, faks, dan menulis catatan menggunakan kertas, pun para pasien telah diberitahu bahwa mereka harus datang untuk mengambil hasil tes medis secara pribadi ketimbang menerima laporan tersebut secara elektronik. FBI, polisi Los Angeles, dan pakar forensik komputer telah disewa oleh rumah sakit untuk menginvestigasi serangan ini, dan mereka telah menyatakan bahwa serangan ini merupakan serangan yang acak dan tidak menyerang secara spesifik atas fasilitas tertentu.

Hidup dan mati

Ransomware bukanlah hal yang baru, dan serangan ransomware belakangan ini tidak menunjukkan penurunan, tetapi serangan atas rumah sakit ini dianggap keterlaluan. Tipe ransomware yang bertanggungjawab dalam serangan ini masih belum diketahui, tetapi pakar menyatakan bahwa ransomware ini merupakan varian atas Cryptowall. Cryptowall 3.0 telah dilaporkan oleh Cyber Threat Alliance pada bulan November menunjukkan tren meningkat, dan sangat sulit diatasi ketika mereka telah menginfeksi sistem.

Baca Juga:  Warga Venezuela Jual Bitcoin Dengan Harga Murah

Beberapa usaha telah dilakukan untuk melacak asal mula Cryptowall, di mana diyakini berasal dari Armenia, Belarusia, Iran, Kazakhstan, Rusia, Serbia, dan Ukraina, tetapi dengan serangan atas rumah sakit ini, pihak otoritas akan meningkatkan usaha untuk menangkal serangan ini, sebab dapat mengancam jiwa manusia.

 

Sumber: Bitcoin demanded as Hollywood hospital computer systems shut down in ransomware attack

Sumber gambar: itproportal.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

3 thoughts on “Ransomware Serang Rumah Sakit Hollywood

Leave a Reply

%d bloggers like this: