home Berita ACCC Larang Bank Australia Hambat Kompetisi Dengan Bitcoin

ACCC Larang Bank Australia Hambat Kompetisi Dengan Bitcoin

Australian Competition and Consumer Commission (ACCC), lembaga yang mengurusi persaingan usaha di Australia, telah melarang bank yang menolak memberikan layanan perbankan kepada perusahaan-perusahaan berbasis bitcoin lokal. Ketua ACCC Rod Sims mengabarkan pada Senator Nationals Matthew Canavan, yang pertama kali meminta investigasi atas kasus ini, mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa bank-bank telah bekerja sama untuk menutup akun bank dari perusahaan-perusahaan bitcoin. Katanya, bank-bank secara terpisah telah memutuskan untuk menghentikan layanan perbankan mereka dengan mengacu pada aturan.

Kegagalan investigasi

Namun perusahaan-perusahaan bitcoin dan Senator dari Partai Buruh Sam Dastyari, menolak temuan ACCC dengan mengatakan bahwa regulator telah gagal menggelar investigasi atas kasus ini, bahkan tidak pernah menghubungi perusahaan-perusahaan yang terpengaruh atas aksi perbankan ini. Kemudian, investigasi ini dilanjutkan setelah The Australian Financial Review membeberkan informasi bahwa 17 perusahaan bitcoin di Australia menerima surat dari berbagai institusi yang menyatakan bahwa akun bank mereka ditutup. ACCC kemudian dihubungi oleh Senator Canavan yang meminta investigasi tersebut.

Dalam surat yang dikirim kepada Senator Canavan dan diperlihatkan kepada Financial Review, Sims mengatakan bahwa perbankan memiliki hak untuk memilih dengan siapa mereka bekerjasama, dan banyak alasan yang bisa digunakan untuk menolak kerjasama dengan pihak lain secara sah. Dia mengatakan bahwa ACCC telah menghubungi banyak institusi dan menyimpulkan bahwa tidak ada yang bertindak kolusif. Tampaknya perbankan secara sendiri-sendiri telah menghentikan penyediaan layanan perbankan pada perusahaan bitcoin untuk memastikan bahwa mereka memenuhi regulasi dan pengelolaan risiko, demikian menurut Sims.

Baca Juga:  Genesis Mining Kirim Bitcoin Ke Luar Angkasa

Ketua Asosiasi Bankir Australia (Australia Bankers’ Association) Steven Munchenberg mengatakan bahwa mereka menolak bekerjasama dengan perusahaan bitcoin karena ketakutan mereka bahwa perusahaan ini tidak mampu memenuhi aturan anti pencucian uang dan anti pendanaan terorisme.

Kolusi yang berpotensi kartel

Apabila perbankan terbukti telah bekerjasama menutup akun operator mata uang virtual, mereka berisiko melanggar aturan kartel yang disahkan sebagai Undang-Undang Competition and Consumer Act 2010.

Senator Dastyari yang mengetuai Komite Referensi Ekonomi Senat mengatakan bahwa ia tidak menyangka temuan ACCC tersebut dan menyatakan bahwa hasilnya tidak merefleksikan situasi yang dijelaskan padanya atas penghentian layanan perbankan. Dia juga mengatakan bahwa terdapat indikasi perbankan memasukkan para operator tersebut ke dalam daftar hitam. Senator Dastyari mengatakan bahwa ACCC tidak menghubungi perusahaan-perusahaan tersebut dalam investigasi yang digelar, dan tidak berkonsultasi dengannya maupun dengan stafnya.

Baca Juga:  Blockchain: Kelebihan, Kekurangan, dan Potensinya

Senator Dastyari menambahkan bahwa apabila perbankan merasa bahwa bitcoin, blockchain, dan mata uang virtual mengandung risiko, maka mereka juga harus mempublikasikan hal ini ke publik. Mereka tidak bisa serta-merta menutup akun bank atas perusahaan-perusahaan bitcoin dengan mengetahui bahwa bank-bank tersebut ikut berinvestasi pada perusahaan blockchain.

ACCC merespon

Sims menolak anggapan bahwa ACCC tidak mencari informasi dari para korban, yakni perusahaan-perusahaan bitcoin tersebut, dan mengatakan pada Financial Review bahwa ia telah mendengar kasus ini dari perusahaan-perusahaan yang menjadi korban, mengklaim bahwa mereka dapat memenuhi aturan anti pencucian uang dan pendanaan terorisme. Perbankan juga telah memberi akses pada dokumen dan penjelasan tentang masalah ini. ACCC kemudian memutuskan untuk tidak melanjutkan investigasi.

Industri tidak diinformasikan

Ron Tucker, ketua dewan industri The Australian Digital Currency Commerce Association (ADCCA) dan pendiri layanan Bit Trade, menyatakan bahwa ACCC memang menghubungi ADCCA, namun tidak mengetahui apakah mereka melakukan kontak langsng dengan bisnis-bisnis yang terkait. ADCCA sendiri telah menganjurkan pada pelaku usaha untuk memenuhi aturan anti pencucian uang dan pendanaan terorisme untuk menghindari permasalahan di kemudian hari.

Baca Juga:  Naik Uber, Bayar Pakai Bitcoin

 

Sumber: ACCC clears Australian banks of colluding to block bitcoin competition

Sumber gambar: lawandbitcoin.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: