home Berita Peran Teknologi Blockchain Dalam Mendukung Industri

Peran Teknologi Blockchain Dalam Mendukung Industri

Teknologi blockchain terus mendapat sambutan positif dalam berbagai industri. Blockchain sendiri merupakan sebuah metode untuk merekam informasi berupa buku besar atas pencatatan transaksi atau informasi apapun yang harus dicatat dan nantinya dapat diverifikasi oleh siapapun yang membutuhkan. Blockchain tidak disimpan dalam 1 tempat saja melainkan didistribusikan dalam ratusan komputer di seluruh dunia.

Memberantas berlian darah

Teknologi blockchain kini digunakan untuk mencatat dan melacak berlian!

Perusahaan teknologi Everledger menggunakan blockchain untuk membangun sistem pencatatan bagi perusahaan penambangan berlian untuk memverifikasi bahwa berlian mentah yang mereka tambang tidak digunakan oleh milisi sebagai berlian darah yang mendanai perang dan konflik. Pencatatan berlian yang dikembangkan ini telah sesuai dengan standar Kimberley Process, yakni skema sertifikasi berlian yang dikembangkan oleh pemerintah dan komunitas berlian.

Baca Juga:  Custos, Perusahaan Rintisan yang Gunakan Bitcoin untuk Tangkal Pembajakan Film

Informasi kepemilikan dan catatan setiap berlian akan tersedia bagi setiap orang, dan dengan teknologi blockchain, informasi tersebut tidak dapat dimanipulasi oleh siapapun. Dalam tempo 6 bulan saja, Everledger telah mencatat hingga 850 ribu berlian dalam basis data blockchain yang mereka bangun.

Perlindungan data penduduk

Sementara itu, perusahaan teknologi Guardtime yang berasal dari Estonia mengembangkan teknologi blockchain untuk membantu pemerintah mengelola dan melindungi informasi kependudukan yang tersebar di 1.000 layanan online yang ada di negara tersebut. Manajemen data berskala besar dapat dilakukan dengan teknologi ini dan pada saat yang bersamaan meningkatkan faktor keamanan digital untuk melindungi infrastruktur vital. Demikian juga perusahaan tersebut membantu perusahaan telekomunikasi Ericsson untuk memantau dan melindungi jaringan inti mereka.

Baca Juga:  Departemen Luar Negeri AS Sarankan Pengembangan Blockchain kepada Mitra Internasional

 

Sumber: How blockchain tech could change the way we do business

Sumber gambar: edukasibitcoin.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: