home Bitcoin Cara Kerja Bitcoin untuk Pemula

Cara Kerja Bitcoin untuk Pemula

Bitcoin dapat digunakan oleh siapa saja. Untuk dapat menggunakan Bitcoin, Anda tidak memerlukan pengetahuan teknis apapun. Cara penggunaannya sangat mudah. Terdapat sebuah perangkat lunak yang disebut dompet Bitcoin (Bitcoin wallet) yang dapat Anda gunakan untuk mulai menggunakan Bitcoin. Dompet Bitcoin memiliki beragam jenis, seperti berbasis web, berbasis desktop, maupun berbasis ponsel smartphone. Anda dapat memilih jenis dompet sesuai keinginan Anda. Dompet Bitcoin ini akan membantu Anda mengelola alamat Bitcoin dan kunci rahasia yang dapat digunakan untuk membelanjakan uang yang Anda miliki.

Blockchain

Blockchain (rantai blok) adalah sebuah basis data untuk mencatat segala transaksi yang terjadi dalam sistem Bitcoin. Basis data ini diamankan dengan metode kriptografi, sehingga tidak ada yang dapat mengubah saldo uang Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Baca Juga:  Bitcoin Classic Akhirnya Dirilis!

Transaksi

Transaksi dalam Bitcoin seperti halnya transaksi keuangan lainnya. Anda mentransfer sejumlah nilai uang kepada orang lain. Untuk dapat melakukan transaksi, tentunya Anda harus memiliki bitcoin terlebih dahulu. Transaksi dapat dilakukan jika Anda memiliki kunci rahasia yang benar sehingga dapat membuat tanda tangan elektronik yang valid. Transaksi dalam Bitcoin dapat diselesaikan dalam waktu singkat, yakni sekitar 10 menit. Validasi transaksi Bitcoin dilakukan melalui kegiatan penambangan.

Penambangan

Kegiatan penambangan merupakan kalkulasi matematis untuk mengkonfirmasi transaksi-transaksi baru untuk dimasukkan ke dalam basis data blockchain. Penambangan ini bermanfaat untuk melindungi transaksi dari kecurangan yang mungkin timbul. Setiap transaksi baru akan dimasukkan ke dalam sebuah blok, di mana blok yang berhasil dibuat akan ditambahkan ke dalam blockchain. Blok-blok yang ada di dalam blockchain saling terkait satu sama lain, dan dengan demikian akan mempersulit siapapun yang berusaha mengubah informasi yang ada di dalam blockchain.

Baca Juga:  Kartu Kredit Curian Dijual Bebas di Internet

Sumber: Bagaimana cara kerja Bitcoin?

Sumber gambar: ibtimes.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: