home Bitcoin Bitcoin untuk Bisnis

Bitcoin untuk Bisnis

Bitcoin dapat digunakan dalam kegiatan bisnis, sebagaimana dijelaskan berikut ini.

Biaya transaksi termurah

Sebagaimana diketahui bahwa biaya untuk mengirim maupun menerima pembayaran internasional melalui perbankan sangat mahal, demikian halnya dengan menggunakan kartu kredit maupun Paypal yang mencapai setidaknya 5% dari jumlah pembayaran. Dengan menggunakan Bitcoin, biaya transaksi bisa ditekan menjadi sangat kecil dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan transaksi konvensional melalui perbankan. Meskipun Anda bisa melakukan transaksi Bitcoin tanpa biaya, namun disarankan Anda tetap membayar biaya transaksi untuk menjamin transaksi yang cepat.

Perlindungan terhadap penipuan

Menggunakan Bitcoin berarti kepastian terhadap pembayaran, sebab transaksi Bitcoin tidak dapat dibatalkan oleh siapapun. Dengan demikian, pembeli yang telah menerima pembayaran tidak dapat mengajukan pembatalan kepada pihak bank maupun Paypal. Hal ini tentunya menguntungkan pembeli. Dengan menggunakan Bitcoin, transaksi dilakukan secara instan, sehingga penjual tidak dapat menipu pembeli dengan biaya-biaya tambahan yang dibebankan ke tagihan kartu kredit pembeli.

Baca Juga:  Menakar Peluang UASF Atasi Problem Skalabilitas Bitcoin

Pembayaran internasional yang cepat

Bitcoin hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menyelesaikan transaksi dari manapun pengirim dan penerima uang berasal. Artinya, transaksi internasional menggunakan Bitcoin jauh lebih cepat dibandingkan transaksi internasional melalui perbankan yang setidaknya membutuhkan waktu berhari-hari sebelum uang dapat diterima.

Standar keamanan tinggi

Bitcoin sejak awal memiliki standar keamanan tinggi dan tidak perlu mengikuti standar PCI (Payment Card Industry) seperti halnya pada kartu kredit, sehingga tidak diperlukan pemeriksaan keamanan sebagaimana dipersyaratkan oleh PCI. Namun demikian, tetap diperlukan kehati-hatian dalam menjaga keamanan wallet Bitcoin.

Promosi yang bagus

Menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoin bisa berdampak bagus untuk bisnis Anda dalam mendapatkan pelanggan baru dan memperluas pasar. Dengan komunitas Bitcoin yang semakin besar, maka bisnis Anda dapat terekspos dengan lebih baik di dalam komunitas Bitcoin.

Baca Juga:  Bitcoin untuk Perorangan

Multisignature

Multisignature merupakan salah satu fitur yang dapat digunakan dalam transaksi Bitcoin. Multisignature memungkinkan uang dalam bentuk Bitcoin hanya dapat dibelanjakan jika mendapatkan persetujuan lebih dari 1 pihak.

Transparansi

Semua transaksi dalam Bitcoin dapat dilihat oleh siapa saja, dan tentunya meningkatkan transparansi atas transaksi keuangan bisnis Anda. Siapapun dapat melakukan verifikasi atas informasi terbuka yang tersedia dalam sistem Bitcoin.

 

Sumber : Bitcoin untuk bisnis

Sumber gambar: lazyfaucet.website

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: