home Berita, Blockchain Aplikasi Baru Uproov Menyimpan Data Panggilan Telepon Ke Dalam Blockchain

Aplikasi Baru Uproov Menyimpan Data Panggilan Telepon Ke Dalam Blockchain

Pengembang software LedgerAssets sedang menambahkan fitur baru pada Uproov, yakni aplikasi yang saat ini dapat digunakan untuk mencatat cap waktu (timestamp) dari foto-foto yang diambil oleh pengguna melalui ponsel. Fitur baru tersebut adalah kemampuan aplikasi Uproov untuk mencatat cap waktu atas panggilan telepon yang diterima maupun dilakukan oleh pengguna.

Sebagaimana dijelaskan oleh John Bullich, co-founder rumah software LedgerAssets,

Catatan telepon ini tidak akan bisa diubah dengan cara apapun, bagaimanapun juga pelanggan masih memiliki kendali penuh atas isi catatan tersebut dan bisa memilih apakah catatan tersebut akan dibagikan kepada orang lain atau tidak. Sementara berkas audio yang terkait masih tetap berada dalam ponsel.

Dengan demikian, layanan ini akan memberikan bukti seandainya di kemudian hari terjadi kesalahpahaman atas percakapan telepon dengan perusahaan atau orang lain. Bullich juga menjelaskan bahwa meskipun percakapan tersebut direkam, namun bukan tidak mungkin rekaman percakapan tersebut diubah dengan software. Dengan menggunakan aplikasi Uproov, maka bukti ini menjadi tidak terbantahkan ketika bukti percakapan tersebut dicatat ke dalam blockchain, yang tentu saja tidak dapat diubah oleh siapapun.

Baca Juga:  Di Ujung Tanduk, Pembesar Ethereum Sedang Rumuskan Beberapa Rencana

Cara kerja

Untuk dapat melakukan pencatatan rekaman, maka aplikasi harus dinyalakan dengan mode rekaman sehingga setiap panggilan telepon akan disimpan di dalam ponsel atau bisa juga diunggah di server perusahaan tersebut. Kemudian, file audio tersebut akan dihitung nilai hash-nya, dan kunci unik dari nilai hash tersebut akan dicatat ke dalam blockchain. Meski demikian, informasi detail tentang panggilan telepon maupun informasi pengguna tidak akan ikut dicatat ke dalam blockchain.

Di kemudian hari, apabila pengguna harus memverifikasi catatan rekaman tersebut apakah tidak dilakukan perubahan apapun, maka file audio yang terkait akan dihitung nilai hash-nya, kemudian dibandingkan dengan kunci unik yang telah tercatat dalam blockchain sebelumnya. Hal ini akan membuktikan bahwa catatan rekaman tersebut masih asli. Namun sebaliknya, apabila kunci unik tersebut memiliki nilai yang berbeda dengan catatan dalam blockchain, maka terbukti bahwa catatan rekaman telepon tersebut telah diubah. Hal ini bisa bermanfaat apabila terjadi persoalan hukum yang terkait dengan file audio.

Baca Juga:  Custos, Perusahaan Rintisan yang Gunakan Bitcoin untuk Tangkal Pembajakan Film

Applikasi baru ini akan diluncurkan dalam beberapa hari ke depan untuk ponsel berbasis Android. Sementara ini, fitur pencatatan telepon telah bisa digunakan dalam versi terbaru yang dapat diunduh melalui Google Play.

 

Sumber berita: New App Seeks to Use Blockchain as Immutable Answering Machine

Sumber gambar: coindesk.com

 

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: