. . .

Bitcoin untuk Perorangan

Terdapat beberapa manfaat Bitcoin bagi individu penggunanya, yang dapat dijabarkan sebagai berikut.

Metode Pembayaran yang Mudah

Dengan menggunakan aplikasi wallet dalam perangkat ponsel, maka transaksi menggunakan Bitcoin menjadi sangat mudah. Wallet berbasis ponsel memanfaatkan QR code untuk mendapatkan informasi alamat Bitcoin tujuan yang dipindai menggunakan fitur kamera pada ponsel. Selain itu, teknologi NFC (Near Field Communication) juga dapat dimanfaatkan dalam transaksi menggunakan ponsel.

Kontrol Penuh atas Uang Anda

Skema Bitcoin sangat berbeda jika dibandingkan dengan skema keuangan tradisional. Dalam skema keuangan tradisional, Anda mempercayakan uang Anda pada pihak lain (bank), di mana Anda tidak memiliki kontrol atas uang yang Anda miliki dalam bank tersebut ketika terjadi sesuatu, misalnya likuidasi bank. Dengan skema Bitcoin, Anda mengontrol uang Anda sendiri. Uang Anda hanya dapat digunakan atas keinginan Anda sendiri, selama Anda masih menguasai wallet yang mengelola kunci privat atas alamat Bitcoin yang terkait.

Baca Juga:  Mengapa Bitcoin Memiliki Nilai?

Tidak Terbatas Jarak dan Waktu

Sistem Bitcoin tidak mengenal jam kantor. Sistem ini tersedia 24 jam dan dapat diakses menggunakan koneksi Internet. Oleh karena itu, transaksi Bitcoin dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja. Anda dapat mengirim uang lintas negara (internasional) secara instan. Hal ini tentu saja jauh lebih baik dibandingkan menggunakan jasa remitansi yang memerlukan berbagai persyaratan dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengirim uang.

Biaya Rendah

Meskipun transaksi Bitcoin memerlukan biaya, namun jumlah biaya tersebut sangat kecil jika dibandingkan dengan transaksi menggunakan kartu kredit. Transaksi yang menggunakan kartu kredit akan memakan biaya hingga 5% dari total dana yang ditransfer. Transaksi Bitcoin hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 500 per transaksi, berapapun jumlah uang yang dikirim.

Baca Juga:  Memahami Kerasnya Lingkungan Bitcoin

Proteksi Identitas

Transaksi Bitcoin tidak memerlukan informasi sensitif seperti nomor kartu kredit yang dapat dimanfaatkan pihak lain untuk mencuri uang Anda. Bitcoin tidak merekam identitas asli Anda, dan oleh karena itu keamanan lebih terjamin jika dibandingkan dengan transaksi kartu kredit.

 

Sumber gambar : 2gb.com

Sumber : Bitcoin untuk Perorangan

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: