. . .

Siapa sih yang tidak pernah mendengar istilah DeFi? Istilah overhype ini hampir selalu jadi topik pembicaraan di berbagai media mainstream blockchain dalam beberapa tahun terakhir, sebelum demam NFT tentunya.

Decentralised Finance (ini ejaan bahasa Inggris Britania, bukan Inggris Amerika) atau DeFi merupakan istilah yang memayungi hampir semua aktivitas finansial yang berjalan sepenuhnya dalam sistem blockchain. Dalam hal ini, tentu saja, menggunakan kontrak pintar (smart contract).

DeFi menjadi alternatif sistem keuangan tradisional. Bila sistem tradisional berpusat pada sistem perbankan yang kaku dan berbelit-belit, maka DeFi relatif lebih mudah digunakan.

Relatif, tentu saja, buat mereka yang sudah familiar dengan teknologi blockchain, terutama kontrak pintar, yang membutuhkan perangkat lunak khusus. Di dalam DeFi, orang bisa meminjam atau meminjami aset kripto, semuanya dicatat rapi dalam blockchain.

Mereka yang meminjam harus memberi jaminan dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan nilai yang dipinjam sebagai kolateral, sementara mereka yang meminjami akan mendapatkan seporsi keuntungan.

Aktivitas DeFi membutuhkan kontrak pintar, seperti dibahas di atas. Platform DeFi paling terkenal ya tentu saja Ethereum, dengan berbagai sistem swap seperti UniSwap, SushiSwap, dan 1inch, lalu ada Binance Smart Chain dengan PancakeSwap yang baru saja dirilis. Ada pula JustSwap di platform Tron, meski tak terlalu ramai.

Teknologi RSK membuka pintu lebar bagi implementasi DeFi di sistem Bitcoin. Sovryn menjadi salah satu pengimplementasi DeFi di Bitcoin yang berbasis RSK. RSK atau Rootstock menempelkan fitur kontrak pintar dalam Bitcoin menggunakan sistem 2-way-peg. Pendekatan ini serupa dengan yang ada pada Liquid Network.

Pemilik BTC dapat menukar koinnya dengan rBTC atau disebut juga Fast Bitcoin. Fast Bitcoin ini ada di dalam sidechain Sovryn. Kemudian, menggunakan Fast Bitcoin, aktivitas DeFi dapat dilakukan.

Tak hanya rBTC, Sovryn juga memiliki governance token sendiri berjuluk SOV.

Sovryn rupanya juga menarik investor besar seperti Anthony “Pomp” Pompliano. Pomp telah menjanjikan investasi sebesar 180 BTC atau senilai USD10juta dalam waktu dekat. Investasi ini menyusul kesuksesan fundraising Sovryn yang menjual token SOV dengan nilai serupa, USD10juta, awal Maret ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.