. . .

Microsoft dan JP Morgan teken kerjasama terkait platform blockchain serupa Ethereum

Microsoft dan JP Morgan bekerjasama untuk meluncurkan Quorum dalam sistem cloud computing milik Microsoft, Azure.

Quorum merupakan platform blockchain yang dikembangkan oleh JP Morgan, yang dikembangkan dengan memodifikasi Ethereum. Secara lebih detail, perubahan yang diterapkan dalam Quorum di antaranya penggantian sistem konsensus dari model proof-of-work (PoW) Ethash yang ada dalam Ethereum menjadi sistem konsensus yang lebih privat: Raft, Istanbul BFT, serta Clique POA yang sebenarnya tersedia pada produk Go Ethereum.

Hal penting lainnya adalah tersedianya fitur transaksi rahasia (private transaction) pada Quorum. Fitur ini memperbolehkan sebuah node untuk berkomunikasi secara rahasia dengan node lain yang terhubung dengannya. Pesan-pesan rahasia ini dikirimkan melalui saluran aman yang disediakan oleh Quorum, sementara nilai hash dari pesan rahasia tersebut akan direkam dalam blockchain. Dengan demikian, meskipun verifikasi pesan rahasia dapat dilakukan oleh node manapun, namun pesan rahasia tersebut akan tetap aman, selama kedua node yang terkait tidak membocorkan pesan rahasia tersebut kepada pihak lain.

Quorum memang didesain untuk kepentingan transaksi antarbank. Dengan tersedianya Quorum dalam Azure, maka para klien tidak perlu repot-repot menyediakan infrastruktur tersendiri yang tentunya akan memakan sumber daya lebih tinggi ketimbang menyewa langsung dari Microsoft Azure.

Pada tahun lalu, kepala pengembangan blockchain JP Morgan yang berkedudukan di New York menyatakan bahwa mereka memiliki klien yang sudah berencana menggunakan Quorum untuk diterapkan dalam solusi tokenisasi emas.

Leave a Reply

%d bloggers like this: