. . .

AMD Rilis Radeon VII, GPU Jawara Mining

Semenjak industri mining mata uang kripto merebak, produsen kartu grafis (graphical processing unit atau GPU) bagai kejatuhan durian runtuh. AMD dan NVIDIA, dua pabrikan GPU ternama, mencatatkan rekor penjualan sejak beberapa tahun terakhir.

Nah, para mining ternyata juga menjadi target pemasaran AMD, yang baru-baru ini merilis GPU paling kencang untuk urusan mining aset kripto Ethereum. AMD Radeon VII menawarkan komputasi hingga 90MH/s, jauh mengungguli kartu grafis yang sudah-sudah.

Bila dibandingkan dengan kartu grafis terbaik sebelum ini misalnya, RX Vega 64, meski sama-sama diproduksi dengan teknologi 7nm, memori 16GB HBM2 dan bandwidth memori 1TB/s, AMD Radeon VII mampu memberikan performa 30% lebih tinggi ketimbang RX Vega 64. Bahkan RX Vega 64 hanya mampu memberikan 32MH/s pada para miner, sepertiga dari yang ditawarkan AMD Radeon VII.

Baca Juga:  Penyerang DAO: Ethereum Akan Pulih

Bahkan bila dibandingkan dengan salah satu GPU termahal saat ini, Titan V yang berharga US$3000 hanya mampu melesat hingga 69MH/s. Padahal AMD Radeon VII hanya dipasarkan di kisaran harga US$700.

Bila Anda termasuk pegiat mining Ethereum, barangkali Anda berminat melakukan pembaharuan perangkat keras dengan kartu grafis AMD Radeon VII ini.

Namun AMD tidak akan berhenti sampai di sini saja. Rumor mengatakan sebuah kartu grafis lain berkode “Navi” akan diluncurkan pada kuartal ketiga 2019 ini, yang bisa jadi melebihi kemampuan AMD Radeon VII sekarang.

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz aktif dalam dunia blockchain, mata uang kripto, dan keamanan siber.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: