. . .

Bitcoin Unlimited Tawarkan Ukuran Blok Fleksibel

Problem tentang ukuran blok pada protokol Bitcoin yang telah terjadi berlarut-larut kini mendapatkan satu pilihan solusi lagi. Bitcoin Unlimited merupakan aplikasi client berbasis protokol Bitcoin yang sama dengan aplikasi client Bitcoin Core. Yang membuatnya unik adalah pendekatannya yang berbeda terhadap masalah ukuran blok yang saat ini menimpa jaringan Bitcoin. Saat ini, aplikasi Bitcoin Core menekankan ukuran blok Bitcoin hanya sebesar 1 MB, padahal jumlah transaksi bitcoin semakin meningkat hari demi hari. Hal ini menyebabkan delay transaksi yang semakin lama dan biaya transaksi yang semakin meningkat. Beberapa solusi seperti Bitcoin XT dan Bitcoin Classic telah gagal mencapai kuorum untuk diadaptasi ke dalam jaringan Bitcoin, sehingga Bitcoin Core masih menjadi mayoritas.

Baca Juga:  Bug Ditemukan, Remote Crash Hantui Node Bitcoin Unlimited

Bitcoin Unlimited memberi kebebasan para miner untuk menentukan ukuran blok yang mereka terima. Hal ini membuat masalah ukuran blok menjadi lebih fleksibel dan dengan demikian memindahkan ukuran blok dari layer protokol ke layer transport. Konsep ini merupakan pengejawantahan para pengembangnya terhadap keterbukaan pasar dan semangat demokrasi. Bitcoin Unlimited akan menyerahkan ukuran blok ideal ke mekanisme pasar bebas. Saat pasar menginginkan penambahan ukuran blok, maka konsensus akan dimulai. Jaringan yang menggunakan klien Bitcoin Unlimited bisa menolak ukuran blok yang kurang dari (atau lebih dari) yang telah ditentukan.

Blok pertama yang ditambang dengan menggunakan Bitcoin Unlimited merupakan blok dengan nomor 430757 dan mampu menembus firewall milik China dalam waktu beberapa milisekon saja.

Baca Juga:  21 Inc Luncurkan Layanan untuk Menghitung Biaya Transaksi Bitcoin

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: