home Berita 36 Jam Menuju Reward Halving Kedua, Harga Bitcoin Justru Turun

36 Jam Menuju Reward Halving Kedua, Harga Bitcoin Justru Turun

Hitung mundur Bitcoin Reward Halving terus berjalan. Tinggal satu setengah hari lagi jelang reward halving kedua sepanjang sejarah, harga bitcoin yang diperkirakan akan meningkat justru menunjukkan tren menurun. Grafik harga di Coinbase menunjukkan penurunan signifikan lebih dari Rp 100 ribu atau sekitar 1,3% hanya dalam waktu 24 jam. Bahkan, harga bitcoin telah jatuh sebanyak Rp 400 ribu atau hampir mencapai 5% dalam sepekan terakhir.

Meskipun beberapa analis menyatakan bahwa dalam beberapa minggu setelah reward halving harga bitcoin akan meningkat tajam, pelaku pasar justru melepas bitcoin mereka. Harga bitcoin yang murni ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran pasar, menentukan sendiri harga bitcoin yang mereka kehendaki. Atas penurunan ini, Vinny Lingham menyatakan bahwa volatilitas harga akan terjadi setelah reward halving karena adanya aksi ambil untung. Ia memprediksi terjadinya penurunan harga hingga ke level $400-$500. Penurunan ini menurutnya juga akan dipengaruhi oleh situasi ekonomi dan kondisi teknis lainnya.

Baca Juga:  Megaupload Versi 2 Akan Berjalan Dengan Platform Bitcoin

Rik Willard dari Agentic Group LLC juga menyatakan hal yang sama. Menurutnya, reward halving akan memiliki dampak yang serupa dengan aksi split saham, di mana dalam jangka pendek harga akan menurun, namun setelah suatu titik, harga saham tersebut akan meningkat. Hal ini disebabkan karena reward halving akan memberikan efek devaluasi (peningkatan harga) bitcoin di pasaran.

Arthur Hayes, CEO BitMEX, mengatakan hal yang berbeda. Menurutnya, harga bitcoin tidak akan banyak terpengaruh oleh reward halving. Reward halving ini justru akan lebih berdampak pada para penambang bitcoin, di mana profit yang mereka terima seharusnya akan terpotong hingga separuhnya. Banyak penambang mungkin akan berpikir ulang untuk melanjutkan operasi mereka atas profit yang berkurang tersebut.

Baca Juga:  ANZ Ajak Perbankan Australia Integrasi Dengan Bitcoin

Erik Voorhes, CEO Shapeshift.io, menyebut bahwa dampak reward halving bergantung pada karakteristik komunitas bitcoin. Jika seluruh bitcoin yang tercipta dalam 1 hari (sebanyak 3600 btc) dijual ke pasar, maka kondisi demikian akan terpengaruh oleh reward halving. Namun jika pada kenyataannya bitcoin baru yang diciptakan tiap hari hanya sebagian kecil saja yang dijual di pasaran, maka kondisi seperti ini tidak akan banyak terpengaruh oleh reward halving.

 

Sumber gambar: bitcoingg.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

One thought on “36 Jam Menuju Reward Halving Kedua, Harga Bitcoin Justru Turun

Leave a Reply

%d bloggers like this: