home Berita Warga Venezuela Jual Bitcoin Dengan Harga Murah

Warga Venezuela Jual Bitcoin Dengan Harga Murah

Belakangan ini terjadi aktivitas yang tidak biasa di Venezuela. SurBitcoin, pasar bitcoin terbesar di negara tersebut, dibanjiri oleh perintah jual penggunanya dengan harga 26% lebih murah daripada harga bitcoin di pasar global. Meskipun menjual dengan harga di bawah pasar bukan kejadian yang tidak biasa, namun selisih harga yang sebesar $200 di bawah harga pasar tentunya menjadi pertanyaan.

Pertanyaan tersebut belum mendapatkan jawaban memuaskan. Beberapa kemungkinan telah dianalisis. Pertama, diyakini terjadi permasalahan pada sistem SurBitcoin yang mengeksekusi perintah jual tanpa sekehendak penggunanya, namun hal ini telah dibantah oleh pihak SurBitcoin yang menyatakan bahwa sistem mereka bekerja dengan baik. Hal lain yang menjadi kemungkinan jawabannya adalah korelasi antara Bolivar, mata uang resmi negara tersebut, dengan dolar Amerika Serikat.

Baca Juga:  Bitcrime, Konsorsium Riset untuk Cegah Aktivitas Kriminalitas Berbasis Bitcoin

Mata uang Bolivar telah merosot nilainya sejak krisis ekonomi melanda negara kaya minyak tersebut. Orang-orang pada awalnya berbondong-bondong untuk membeli dolar AS maupun bitcoin untuk melindungi aset miliknya dari risiko kehilangan nilai. Dengan demikian, seharusnya harga bitcoin meningkat di negara tersebut dan bukan sebaliknya, seperti yang sekarang ini terjadi. Namun, hanya Bolivar sajalah yang diterima sebagai alat pembayaran di negara tersebut, sehingga mau tidak mau, orang harus memegang cukup uang Bolivar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga mereka memutuskan untuk menjual bitcoin mereka.

Hal lain yang perlu diketahui adalah permasalahan antara SurBitcoin dengan bank mitra mereka, Banesco, sehingga mungkin terjadi keterlambatan atau ketersendatan transaksi jual maupun beli dan orang-orang mulai mengkhawatirkan bitcoin yang mereka miliki. Selain itu, koran terbesar di negara tersebut La Patilla juga telah menurunkan berita yang memperburuk citra bitcoin di mata masyarakat Venezuela.

Baca Juga:  Menakar Peluang UASF Atasi Problem Skalabilitas Bitcoin

Bisa jadi salah satu permasalahan yang telah disebutkan di atas menjadi pemicu kejadian aneh ini, atau justru kombinasi antara semua permasalahan tersebut mendorong masyarakat Venezuela menjual bitcoin jauh di bawah harga pasar.

 

Sumber gambar: cryptocoinsnews.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: