home Berita, Dash Aplikasi Konfirmasi Instan Dash Pada Vending Machine

Aplikasi Konfirmasi Instan Dash Pada Vending Machine

Jeda 10 menit tiap blok membawa konsekuensi bagi Bitcoin di mana transaksi yang dilakukan di dalam sistem harus menunggu setidaknya 10 menit (hingga 1 jam). Hal inilah yang membuat Bitcoin terasa kurang cocok bagi transaksi mikro di mana jumlah uang yang ditransaksikan tidak terlalu besar dan terasa kurang nyaman jika pelanggan harus menunggu hingga 10 menit untuk menantikan transaksinya dikonfirmasi ke dalam sebuah blok baru.

Dash, salah satu mata uang virtual alternatif (Alternative Coin atau AltCoin) yang berfokus pada privasi pengguna, kini telah menawarkan transaksi instan yang memungkinkan pengguna tidak perlu menunggu hingga transaksi tersebut dikonfirmasi ke dalam blok baru. Fitur tersebut bernama InstantSend, sebuah fitur yang diimplementasikan ke dalam protokol Dash berdasarkan mekanisme InstantX yang telah ada sebelumnya.

Baca Juga:  Bitcoin Unlimited Tawarkan Ukuran Blok Fleksibel

Dustin Eward dan Jeremy Maus mengimplementasikan konfirmasi instan tersebut ke dalam sebuah vending machine yang menjual minuman. Dengan konfirmasi instan, maka pembeli minuman tidak perlu repot-repot menunggu terlalu lama. Mesin yang diberi nama Dash N’ Drink ini akan terhubung ke dalam jaringan lapis kedua yang mengunci transaksi meskipun transaksi belum terkonfirmasi. Mekanisme ini akan mencegah siapapun melakukan double spending terhadap koin Dash yang mereka miliki.

InstantSend pada Dash tentunya akan memberi keuntungan tersendiri pada ekosistem Dash sebab dapat diterapkan dengan mudah pada bisnis ritel. Mesin Dash N’ Drink akan dibawa dalam konferensi d10e di San Francisco, California.

Baca Juga:  CoinGateway, Berbelanja Pakai AltCoin

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: