. . .

Waspada, BiteMiner dan HashOcean Terindikasi SCAM

Tingginya harga bitcoin memotivasi orang untuk berlomba-lomba ikut menambang bitcoin. Berbagai peralatan dan sumber daya disiapkan untuk menambang. Namun bagi mereka yang tidak memiliki modal cukup dalam melakukan penambangan, cloud mining menjadi pilihan. Cloud mining merupakan layanan yang menjual sumber daya penambangan kepada pihak lain. Namun sayangnya, beberapa layanan cloud mining terindikasi scam.

Kepopuleran cloud mining dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk menyelenggarakan program HYIP (high yield investment program) dengan janji-janji palsu. Mereka membuat piramida Ponzi di mana pengguna setelah menyetor sejumlah dana, diminta mencari referral untuk mendapatkan bonus-bonus yang tidak lain beraroram skema Ponzi. BiteMiner dan HashOcean merupakan contoh-contoh cloud mining yang terindikasi curang dan SCAM. Sangat diragukan bahwa mereka memiliki peralatan penambangan sendiri dan hanya “memakan” dana milik pengguna belaka.

Biteminer meminta user menginvestasikan 0,1BTC ke dalam akun perusahaan, yang kemudian dijanjikan hashrate tertentu yang belum tentu ada. Bonus referral sebesar 5% diberikan kepada mereka yang berhasil menjaring pengguna baru. Namun Biteminer tidak memiliki bukti sahih akan usaha mining mereka, tanpa identitas yang jelas dan tentu saja berpotensi merugikan pengguna.

Sementara itu HashOcean telah bertahan selama setahun, namun demikian situs HashOcean tidak lagi bisa diakses. HashOcean mengklaim telah memiliki 160 ribu pengguna di seluruh dunia dengan fasilitas mining di beberapa tempat dan imbal hasil investasi yang tinggi. Pengguna dijanjikan balik modal hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Hampir semua informasi yang ditampilkan dalam situs mereka terindikasi tidak benar.

 

Sumber gambar: cryptocoiinsnwes.com

One thought on “Waspada, BiteMiner dan HashOcean Terindikasi SCAM”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.