home Berita Inovasi Layanan Microfinance di Myanmar Gunakan Blockchain

Inovasi Layanan Microfinance di Myanmar Gunakan Blockchain

Masyarakat di Myanmar kini bisa menikmati layanan microfinance (jasa keuangan mikro) dengan teknologi blockchain, teknologi yang menjadi tulang punggung mata uang virtual Bitcoin. Dengan menggunakan blockchain, informasi transaksi keuangan dapat disimpan dalam sebuah database yang ringkas dan sederhana.

Layanan microfinance berbasis blockchain tersebut diluncurkan oleh 2 perusahaan asal Jepang, Infoteria Corporation dan Tech Bureau Corporation. Mereka mengaplikasikan Mijin blockchain ke dalam layanan cloud Microsoft Azure dengan teknologi ASTERIA WARP. Layanan ini diintegrasikan ke dalam sistem milik BC Finance, salah satu perusahaan finance terbesar di Myanmar. Informasi peminjaman dan deposit milik konsumen telah berhasil diintegrasikan ke dalam sistem baru dan siap diluncurkan ke masyarakat.

Baca Juga:  Inggris Tertarik Gunakan Blockchain Demi Transparansi Penggunaan Uang Pajak

Layanan baru ini didukung oleh Microsoft Jepang dengan mengatakan bahwa sistem berbasis blockchain privat telah sukses diujicoba. Kesuksesan ini akan membawa blockchain terutama melalui Microsoft Azure diimplementasikan ke bidang-bidang lain.

 

 

Sumber gambar: infoteria.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini aktif dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: