home Berita, Ethereum DAO Wars: Voting Soft Fork Ethereum Dimulai

DAO Wars: Voting Soft Fork Ethereum Dimulai

Para pengembang Ethereum telah merilis Geth versi 1.4.8 dengan codename “DAO Wars” yang berisi patch untuk menangani kasus hilangnya 3,5 juta ETH dari sistem The DAO. Soft fork ini akan dilakukan melalui sistem voting. Jika mayoritas suara menyetujui soft fork ini, maka komunitas dapat membekukan dana The DAO. Skema yang digunakan dalam patch ini adalah whitelisting, artinya membekukan semua alamat DAO kecuali daftar alamat tertentu yang disetujui dalam whitelist. Dengan demikian, semua dana DAO, baik yang terkait dengan kejadian hacking maupun tidak akan dibekukan.

Untuk memberikan suara, para penambang diminta untuk melakukan update aplikasi ke versi terakhir, baik Geth maupun Parity versi 1.2.0. Apabila penambang tidak melakukan update, artinya penambang tersebut menolak soft fork. Pelaksanaan soft fork dilakukan apabila pada blok ke-1.800.000 jumlah gas ada pada level 4 juta atau kurang. Blok tersebut kemungkinan akan tercapai 5 hari lagi, menurut etherchain. Update ini penting bagi para penambang yang akan melakukan voting, namun tidak signifikan bagi para pengguna lainnya, sebab tidak memiliki suara dalam penentuan soft fork.

Baca Juga:  Aplikasi Baru Uproov Menyimpan Data Panggilan Telepon Ke Dalam Blockchain

Soft fork ini menjadi tindak lanjut rencana-rencana komunitas Ethereum dalam menyelamatkan ekosistem Ethereum dari kehancuran setelah hacker berhasil mengeksploitasi celah dalam smart contract yang dibuat oleh The DAO versi 1. Kerugian akibat hilangnya 3,5 juta ETH milik para investor tersebut ditaksir mencapai angka 50 juta dolar. Perdebatan terjadi antara mereka yang menginginkan penyelamatan Ethereum melalui hard fork dan mereka yang menolak hard fork dengan alasan akuntabilitas blockchain.

 

Sumber gambar: newsbtc.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: