home Berita DNBcoin, Cryptocurrency Ujicoba Milik Bank Sentral Belanda

DNBcoin, Cryptocurrency Ujicoba Milik Bank Sentral Belanda

Bank sentral Belanda telah mengumumkan bahwa mereka sedang melakukan ujicoba terhadap teknologi cryptocurrency unuk digunakan di masa depan. Dalam ujicoba tersebut, mereka menciptakan sebuah mata uang simulasi bernama DNBcoin. DNBcoin merupakan protokol modifikasi dari Bitcoin. Di dalam ujicoba ini, bank sentral Belanda ingin meneliti karakteristik mata uang virtual di berbagai kondisi, termasuk saat kondisi di mana tidak ada lagi koin baru yang tercipta; diperkirakan Bitcoin akan mengalami kondisi ini pada tahun 2140.

Ron Berndsen, kepala departemen infrastruktur pasar dan kebijakan, menegaskan bahwa ujicoba ini digunakan untuk memantau dampak implementasi mata uang virtual terhadap perbankan. Mereka mulai melakukan ujicoba atas protokol DNBcoin pada tahun 2015 yang lalu dengan menggunakan jaringan tertutup yang terdiri atas beberapa komputer saja. Melalui komputer-komputer tersebut, mereka menciptakan genesis block. Blok-blok baru diciptakan dalam selang waktu 3 menit. Untuk mempercepat proses hingga mencapai kondisi tahun 2140, mereka memodifikasi protokol dengan menghasilkan 1 miliar koin pada genesis block.

Baca Juga:  Harga Bitcoin Naik Tajam Pasca Brexit

Ron Berndsen menekankan bahwa sebelum melakukan adopsi teknologi ini, perbankan harus mengevaluasi teknologi terhadap batasan-batasan yang mungkin terjadi dalam implementasi sistem.

 

Sumber: Dutch Central Bank Presents Results of Cryptocurrency Experiments

Sumber gambar: secularinvestor.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

One thought on “DNBcoin, Cryptocurrency Ujicoba Milik Bank Sentral Belanda

Leave a Reply

%d bloggers like this: