home Berita Cerita Tersisa dari Craig Wright: Satoshi yang Tak Jadi

Cerita Tersisa dari Craig Wright: Satoshi yang Tak Jadi

BBC kembali mengulik cerita lama tentang Craig Wright yang pada akhirnya memberikan bukti-bukti yang tidak kuat sehingga menimbulkan keragu-raguan publik akan kebenaran klaimnya sebagai Satoshi Nakamoto, meskipun Jon Matonis dan Gavin Andresen, entah bukti apa yang telah mereka lihat, tetap mengakui Craig Wright sebagai sang Satoshi Nakamoto. Bagi sebagian orang, cerita tersebut tidak sesederhana seperti yang nampak.

Cerita dimulai ketika pada bulan Desember 2015, beberapa pihak mulai mencurigai identitas lain sebagai Satoshi Nakamoto, yakni Craig Wright yang bertempat tinggal di Sydney Australia. Sempat tenggelam, isu tersebut kembali merebak pada bulan Mei 2016, bahkan Craig Wright sendiri dalam sebuah wawancara menyatakan bahwa dirinya adalah Satoshi Nakamoto, dan menjanjikan bahwa ia akan memberikan bukti tak terbantahkan berupa pemindahan dana dari alamat Bitcoin yang dimiliki Satoshi. Sayang, janjinya tak pernah terwujud. Ia secara sepihak menyatakan bahwa ia tidak sanggup melaksanakannya dengan berbagai dalih.

Kasus pajak

Jurnalis Andrew O’Hagan memiliki cerita lain dari saga Craig Wright sebagai Satoshi Nakamoto. Cerita ini dimulai saat Mt. Gox gulung tikar. Peristiwa hacking yang menimpa Mt. Gox ini turut mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan milik Craig Wright, Hotwire Pre-emptive Intelligence. Inilah asal mula kasus pajak yang menimpa Craig Wright. Bahkan kantor pajak Australia ATO menagih denda hingga 1,7 juta dolar Australia. Bahkan ATO sempat menggerebek rumahnya di Sydney demi mengumpulkan informasi terkait kasus pajak ini.

Baca Juga:  Raksasa Penambangan Bitcoin Bitmain Investasikan $1,6 Juta Di BitKan

Craig Wright yang membutuhkan dana segar untuk menyelesaikan masalah ini termasuk membayar biaya perkara melawan ATO akhirnya mendapat mitra. Disinyalir, para mitra Dr. Wright meminta agar Dr. Wright menyelesaikan pekerjaannya dengan membuka sebuah kantor di London dengan 30 karyawan di bawahnya. Seluruh pekerjaan ini direncanakan akan diklaim atas nama Satoshi Nakamoto yang identitasnya akan dibuka saat itu juga, yang tidak lain adalah Dr. Wright. O’Hagan memprediksi bahwa para mitra ini telah mendapatkan bukti yang lebih sahih menyatakan bahwa Nakamoto adalah Dr. Wright, jika tidak, bagaimana mereka yakin dengan kucuran dana yang mereka lakukan demi menyelesaikan kasus pajak Craig Wright.

Dave Kleiman

Baca Juga:  Heifer International Kini Terima Donasi Bitcoin

Selain itu, O’Hagan juga telah menghabiskan banyak waktu untuk meneliti hubungan antara Dr. Wright dengan Dave Kleiman, warga Amerika Serikat yang meninggal pada 2013. Craig Wright juga sempat memberikan beberapa email komunikasinya dengan Dave Kleiman kepada O’Hagan. Mantan istri Dr. Wright juga memberikan informasi bahwa keduanya bertemu di sebuah konferensi di Orlando pada 2009. Klaim yang menyatakan bahwa Satoshi adalah Craig Wright juga diperkuat dengan adanya sebuah transkrip rapat antara ATO dan Craig Wright, di mana Dr. Wright menyatakan bahwa ia memiliki 1,1 juta BTC senilai 600 juta poundsterling.

Pembuktian yang dibatalkan

Suatu ketika Craig Wright menyatakan akan membuktikan kepemilikan alamat milik Satoshi juga tidak terbukti. Ia memilih mundur dari pembuktian itu karena takut dituduh mendukung pelanggar hukum atas ciptaannya itu. Namun tentu saja, alasan ini dianggap dibuat-buat oleh O’Hagan, karena ia telah merencanakannya selama berbulan-bulan, namun tiba-tiba dibatalkan begitu saja.

Baca Juga:  CoinCheck Terbitkan Dana Bantuan Bitcoin untuk Gempa Kumamoto

Meskipun pembuktian tersebut tidak pernah terjadi, namun besar kemungkinan bahwa Craig Wright turut andil dalam pengembangan Bitcoin beserta Hal Finney dan Dave Kleiman.

 

Sumber gambar: theguardian.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: