home Berita Seminggu Lagi, Peluncuran Bitsquare, Layanan Perdagangan Terdesentralisasi Pertama di Dunia

Seminggu Lagi, Peluncuran Bitsquare, Layanan Perdagangan Terdesentralisasi Pertama di Dunia

Bitsquare merupakan proyek open source yang dipimpin oleh Manfred Karrer dari Austria. Bitsquare akan memungkinkan siapapun melakukan perdagangan bitcoin menggunakan mata uang fiat atau AltCoin tanpa perantara perusahaan tertentu. Selama ini, perdagangan bitcoin dilakukan melalui perusahaan perdagangan, namun Karrer berharap bahwa Bitsquare akan mengubah hal tersebut.

Melawan Sentralisasi

Karrer mulai mengerjakan proyek ini semenjak perdagangan bitcoin dikuasai oleh Mt. Gox yang kemudian bangkrut dan pusat-pusat perdagangan baru mulai bermunculan di berbagai negara. Karrer berpendapat bahwa pusat-pusat perdagangan ini menjadi problem tersendiri. Hal ini disebabkan karena perusahaan-perusahaan yang menjalankan usaha perdagangan ini mesti tunduk pada peraturan setempat, sehingga akan mempersulit pengguna. Padahal secara mendasar, Bitcoin merupakan sistem yang terdesentralisasi. Sentralisasi akan meningkatkan risiko pengguna kehilangan uang seperti yang terjadi pada Mt. Gox. Selain itu, peraturan AML/KYC (Anti Money Laundering/ Know Your Customer) ditambah transparansi dalam sistem Bitcoin akan menghilangkan privasi pengguna. Ketiadaan privasi akan membuat orang lain mengetahui berapa harta kekayaan yang dimiliki seseorang, sehingga transaksi bitcoin tidak cocok untuk melakukan transaksi. Transparansi dalam Bitcoin juga memungkinkan perusahaan-perusahaan ini melakukan pemeriksaan atas latar belakang koin yang diperdagangkan. Padahal seharusnya semua uang memiliki nilai yang setara.

Baca Juga:  Menilik Dampak Bitcoin Reward Halving Terhadap Para Penambang

Cara Kerja Bitsquare

Untuk menggunakan Bitsquare, pengguna harus mengunduh aplikasi Bitsquare. Kemudian, aplikasi akan mulai terhubung dengan jaringan peer-to-peer melalui Tor. Semua node yang terhubung akan saling berkomunikasi dan meneruskan penawaran yang akan diakumulasi ke dalam sebuah order book tunggal yang dikategorisasikan dan diurut berdasarkan harga, metode pembayaran, dan lain-lain. Jika seorang pengguna melihat penawaran yang menarik, ia dapat membelinya.

Ketika sebuah transaksi akan berlangsung, maka terdapat beberapa langkah. Pertama, kedua pihak harus menyetujui pihak ketiga yang akan menjadi mediator. Kedua, pihak-pihak tersebut harus mengirimkan bitcoin ke dalam mekanisme 2-of-3 multisignature. Mekanisme ini akan mengamankan kedua pihak jika ada yang ingin berbuat curang. Kedua pihak juga harus membayar biaya dalam jumlah kecil kepada stakeholder. Ketiga, pembeli bitcoin akan melakukan pembayaran kepada penjual melalui mekanisme di luar Bitsquare, misalnya melalui transfer antarbank atau melalui AltCoin. Setelah selesai, maka pembayaran akan dikonfirmasi dalam Bitsquare untuk memperoleh bitcoin. Terakhir, penjual telah menerima pembayaran dan mengkonfirmasinya melalui Bitsquare.

Baca Juga:  19 Jam Jelang Reward Halving, Harga Bitcoin Naik 500 Ribu!

Kelemahan Bitsquare

Bitsquare memiliki kelemahan dalam hal langkah-langkah transaksi yang lebih lambat. Bitsquare akan memakan waktu hingga seharian penuh atau bahkan lebih untuk menyelesaikan transaksi.

 

Sumber: Decentralized, Peer-To-Peer Bitcoin Exchange Bitsquare to Launch Next Week

Sumber gambar: github.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

One thought on “Seminggu Lagi, Peluncuran Bitsquare, Layanan Perdagangan Terdesentralisasi Pertama di Dunia

  1. terima kasih info tentang : Seminggu Lagi, Peluncuran Bitsquare, Layanan Perdagangan Terdesentralisasi Pertama di Dunia sangat bermanfaat.
    semoga website ini terus menyajikan info, berita, dan artikel yang menarik dan bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: