home Berita Department of Justice Dirikan Gugus Tugas Bitcoin untuk Perangi Perdagangan Narkoba

Department of Justice Dirikan Gugus Tugas Bitcoin untuk Perangi Perdagangan Narkoba

Rumor adanya gugus tugas Bitcoin di dalam departemen Homeland Security dibenarkan dalam sebuah pernyataan oleh Matthew Larsen, seorang agen khusus dari Homeland Security Investigation. Larsen adalah salah seorang anggota dari gugus tugas tersebut yang berfokus pada identifikasi penggunaan mata uang digital untuk aktivitas kriminal. Ia juga terlibat dalam beberapa investigasi terkait pertukaran mata uang ilegal dan perdagangan narkotika melalui dark web yang melakukan transaksi menggunakan mata uang digital. Ia menyebut investigasi David Burchard sebagai salah satu yang dikerjakannya. David Burchard sendiri terkenal sebagai seorang pengedar mariyuana.

Investigasi yang dilakukan ini menjadi bukti bahwa blockchain Bitcoin dimonitor terus menerus. Mereka juga mampu mengidentifikasi bahwa pada Maret 2015, investigasi terhadap David Burchard dimulai, sebab ia menukar jutaan dolar Bitcoin ke salah satu pedagang mata uang ilegal. Di sini gugus tugas tersebut tidak mampu mengidentifikasi dari mana asal uang yang dimiliki oleh Burchard.

Baca Juga:  Seminggu Lagi, Peluncuran Bitsquare, Layanan Perdagangan Terdesentralisasi Pertama di Dunia

Anonimitas

Terbongkarnya aktivitas ini harus menyadarkan pengguna akan karakteristik anonimitas Bitcoin. Sebab dengan membandingkannya dengan data publik, pemerintah AS mampu mengidentifikasi arus transaksi yang ada di dalam Bitcoin. Sementara untuk menangani itu aktivitas ilegal yang berjalan di dalam jaringan Tor, FBI ekerjasama dengan Carnegie Mellon University untuk membongkar keamanan Tor yang berhasil dilakukan pada 2014. Namun setelah itu, celah keamanan yang dimanfaatkan telah ditambal oleh pihak Tor Project selaku penanggungjawab pengembangan aplikasi Tor.

 

Sumber: Homeland Security Bitcoin Task Force Revealed by Department of Justice Indictment Form

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: