home Berita Gerakan IC3 Usulkan Ukuran Blok Sebesar 4MB

Gerakan IC3 Usulkan Ukuran Blok Sebesar 4MB

Sebuah kelompok inisiatif yang dibentuk di beberapa universitas ternama Amerika Serikat seperti Cornell University, Cornell Tech, dan UC Berkeley yang dinamai Initiative for Cryptocurrencies & Contracts (IC3), telah mempublikasikan hasil penelitian mereka bahwa ukuran blok bitcoin dapat ditingkatkan hingga 4MB tanpa masalah. Laporan yang berjudul “On Scaling Decentralized Blockchains” tersebut diterbitkan oleh Jacobs-Technion-Cornel Institute dan ditulis atas nama beberapa orang seperti Kyle Croman, Christian Decker, Ittay Eyal, Adem Efe Gencer, Ari Juels, Ahmed Kosba, dan lainnya.

Saat ini, bitcoin yang mengkonfirmasi transaksi dalam waktu 10 menit hanya mampu menangani transaksi dengan kapasitas 7 transaksi perdetik, sementara sistem pembayaran seperti Visa dapat mengkonfirmasi transaksi dalam hitungan detik dan memproses 2000 transaksi perdetik hingga 56.000 transaksi per detik. Dengan demikian, terdapat perbedaan kapasitas yang sangat besar antara bitcoin dengan sistem pembayaran besar seperti Visa.

Baca Juga:  Belanja di Amazon Pakai Bitcoin via SpectroCoin

Ukuran 4MB

Penelitian ini menguji lebih dari 4.000 node Bitcoin dan mengukur bandwidth yang dimiliki tiap node. Penelitian ini menemukan bahwa 90% dari 4.565 node yang diuji dapat beroperasi dengan baik dengan ukuran blok sebesar 4MB yang memungkinkan pemrosesan hingga 27 transaksi perdetik. Namun karena keterbatasan jaringan dan interval blok yang selama 10 menit, ukuran blok sebaiknya tidak melebihi 4MB.

Bahkan, studi yang sama menyimpulkan bahwa sebanyak 50% dari node yang diuji dapat beroperasi dengan baik pada ukuran blok sebesar 40MB yang dapat memproses hingga 250 transaksi perdetik atau kira-kira 10 juta transaksi perhari. Bahkan 10% dari node tersebut dapat beroperasi dengan ukuran blok sebesar 200MB yang menyamai kapasitas jaringan Visa.

Baca Juga:  Dan Kaminsky: Craig Wright Bukanlah Satoshi Nakamoto

 

Sumber: IC3 Studies Blockchain Scalability Issue, Proposes 4MB Bitcoin Blocksize

Sumber gambar: arstechnica.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: