home Berita Polisi Melrose Bayar Ransum dalam Bitcoin pada Hacker

Polisi Melrose Bayar Ransum dalam Bitcoin pada Hacker

Hacker telah mencuri kunci enkripsi yang digunakan oleh sistem perangkat lunak dalam kantor polisi Melrose di Amerika Serikat pada hari Kamis yang lalu, memaksa kantor tersebut membayar hacker sebesar 1 BTC untuk memperoleh kontrol atas sistem. Serangan ini dimulai dari email yang dikirim ke seisi kantor sekitar pukul 7 malam Kamis tersebut. Ketika seseorang membuka email tersebut, maka virus yang ada di dalamnya menutup akses program yang digunakan untuk mencatat laporan yang dikenal dengan nama TriTech.

Kantor tersebut bekerjasama dengan Direktur Teknologi Informasi Melrose Jorge Pazos untuk membeli bitcoin seharga 489 dolar AS. Michael Lyle, kepala polisi kantor tersebut mengatakan bahwa bitcoin telah dikirim kepada hacker dan akhirnya kontrol sistem dapat diperoleh kembali pada hari Sabtu siang.

Baca Juga:  Di Ujung Tanduk, Pembesar Ethereum Sedang Rumuskan Beberapa Rencana

Polisi Melrose tidak kehilangan data, namun para petugas dipaksa untuk menulis laporan menggunakan Microsoft Word sampai permasalahan selesai diatasi. Meskipun sistem catatan laporan sempat tidak dapat diakses, namun mereka masih bisa mengakses sistem data lain seperti catatan kriminal dan surat perintah.

 

Sumber: Melrose Police pay hackers in Bitcoin to recover encryption key

Sumber gambar: melrose.wickedlocal.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.
TAGS:

Dimaz

Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: