home Berita Begini Pandangan Gedung Putih Terhadap Bitcoin

Begini Pandangan Gedung Putih Terhadap Bitcoin

Ed Felten, Deputi CTO (Chief Technology Officer) Gedung Putih Amerika Serikat menjawab pertanyaan pengguna Quora tentang pandangan Gedung Putih terhadap Bitcoin.

Saya cukup mengetahui Bitcoin, bahkan turut menulis beberapa penelitian dan buku tentang Bitcoin ketika menjadi akademisi sebelum bergabung dengan Gedung Putih. Bitcoin adalah hal baru yang belum pernah ada sebelumnya. Transaksi dapat diverifikasi seluruhnya melalui perangkat lunak, dengan sedikit atau bahkan tanpa pihak terpercaya sebagaimana sistem keuangan sebelumnya. Pula Bitcoin memiliki konsep yang berbeda dalam mengendalikan sistem ini, di mana Bitcoin dikendalikan seperti proyek open source. Faktor-faktor seperti ini memiliki arti bahwa Bitcoin bisa memberikan nilai tambah dengan cara yang baru, mungkin berkontribusi secara sosial maupun finansial.

Baca Juga:  RSK Labs Gabungkan Bitcoin dan Ethereum Dalam Satu Jaringan

Problematika Bitcoin

Tetapi cryptocurrency juga menimbulkan kekhawatiran terkait dengan masalah kebijakan keuangan dan penegakan hukum seperti pencucian uang dan perlindungan konsumen. Agen-agen pemerintah bekerja untuk memastikan bahwa aturan-aturan dasar sistem keuangan diaplikasikan dengan baik dalam Bitcoin dan cryptocurrency lain.

Saya juga memperhatikan perdebatan yang terjadi di dalam komunitas Bitcoin tentang batasan ukuran blok (pemerintah memperhatikan debat yang terjadi, namun tidak ikut campur dalam hal ini). Ini adalah tantangan untuk model pengendalian Bitcoin, karena Bitcoin memerlukan konsensus dalam komunitas di mana saat ini masing-masing pihak memiliki argumen-argumen yang kuat.

 

Sumber: Ed Felten: What does the White House think of cryptocurrencies such as bitcoin?

Baca Juga:  Token, Platform Pembayaran Berbasis Chatting Dari Coinbase

Sumber gambar: endadget.com

Dimaz

Cryptocurrency and cyber security Enthusiast at Kriptologi.com
Dimaz memiliki 10 tahun pengalaman sebagai programmer. Ia kini tenggelam dalam dunia cryptocurrency dan cyber security.

Leave a Reply

%d bloggers like this: